Gejala dan Cara Pengobatan Insomnia yang Musti kamu Tahu!

0
99
Gejala Insomnia
Copyright ©hidupseimbangku

Gejala dan Cara Pengobatan Insomnia yang Musti kamu Tahu!

Indowarta.com – Insomnia atau sulit untuk tidur memang menjadi salah satu masalah yang mengganggu. Gejala insomnia sendiri biasanya seseorang akan kesulitan untuk tidur dan biasanya disebabkan oleh sejumlah hal.

Dalam mengobati insomnia langkah pertama yang biasanya dilakukan oleh dokter yakni dengan mencari akar penyebanya. Jika seseorang mengalami gejala insomnia dikarenakan kebiasaan maka dokter akan menyarankan supaya merubah kebiasaan tersebut.

Misalnya saja dokter akan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman mengandung kafein, merokok dan minuman beralkhohol sebelum tidur. Selain itu saran lain yang akan diberikan ialah menetapkan waktu tidur dan waktu bangun setiap harinya secara disiplin. Selain itu untuk mencegah insomia karena kebiasaan seseorang disarankan tak melakukan tidur siang.

Cukup dikatahui insomnia sendiri merupakan kondisi seseorang yang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh. Hal itulah yang menyebakan kondisi fisik penderita insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Gejala Insomnia
Copyright ©gudangkesehatan

Memang sulit menentukan ukuran tidur normal seseorang karena kebutuhan tidur semua orang berbeda-beda. Waktu tidur dan juga ukuran untuk tidur sendiri dipengaruhi oleh usia, gaya hidup, lingkungan dan pola makan. Sedangkan gejala insomnia sendiri akan terlihat denga jelas jika dialami seseorang.

Gejala secara umum tersebut diantaranya susah tidur, terbangun dimalam hari atau dini hari dan tidak bisa tidur. Kemudian tubuh merasa lelah, uring-uringan, sulit berkonsentrasi dan tidak bisa melakuan ativitas secara baik pada siang harinya.

Jika sudah mengalami hal tersebut pada akhirnya berujung kepada kondisi sulit tidur pada jangka waktu yang cukup lama. Selain itu seseoarang sulit tidur juga karena gaya hidup, masalah kenyamanan ruangan kamar, gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik hingga efek samping obat-obatan.

Dalam beberapa kasus insomnia dokter akan menyarankan pasiennya untuk menjalani terapi perilaku kognitif. Periaku ini bisa membantu pasien mengubah perilaku dan pola pikir yang memengaruhi tidur mereka.

Jika sudah mendapati gejala insomnia sebaikanya langsung periksakan diri ke dokter. Jika tidak hal tersebut akan berdampak kepada kehidupan sehari-hari Anda. Selain itu kelelahan akibat insomnia juga dapat mempengaruhi susana hati serta menciptakan masalah yang berhubungan orang-orang terdekat misalnya teman dekat ataupun teman kerja.

baca juga : Manfaat dan Takaran Dosis Aman Vitamin C Untuk Ibu Hamil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here