Penyebab dan Penanganan Flu Burung Sebelum Terlambat!

0
1558
Ayam
Copyright ©littlemaitreya

Penyebab dan Penanganan Flu Burung Sebelum Terlambat!

Indowarta.com Flu burung merupakan penyakit influenza yang telah ditularkan oleh burung kepada manusia. Sejumlah virus yang masuk dalam tubuh manusia nantinya akan berinkubasi kurang lebih selama 3-7 hari untuk menimbulkan beberapa gejala.

BACA JUGA : Waspada Virus H7N9, Penyebab Flu Burung di Tiongkok!

Seseorang akan mengalami gajala seperti demam tinggi, pilek, batuk, sakit kepala, nyeri otot, gangguan pernafasan. Namun sebelum itu terjadi da beberapa gejala lainnya, seperti peradangan gusi, sakit perut, diare, nyeri dada, dan pendarahan hidung.

Penyebab Flu Burung

Dari virus flu burung yaitu H5N1, H7N7, H9N2, H5N6, H6N1, H7N9, dan H10N8. Sampai sekarang ini hanya H5N1 dan H7N9 yang telah memberikan wabah denga jumlah korba jiwa yang cukup besar. Virus tersebut sudah menginfeksi banyak orang.

Penyakit flu burung ini sangat beresiko jika seseorang memegang ungags yang sudah terinfeksi. Menghirup kotoran unggas sakit yang sudah mongering, mengonsumsi daging telur tanpa memasaknya dengan matang.

Bahaya yang sama juga akan ditularkan jika kita mengunjungi pasar unggas dengan tingkat kebersiha yang tidak terjamin, serta mengunjungi suatu daerah yang sedang mengalami wabah flu burung.

Ayam (unggas)
Copyright ©omediapc

Pengobatan Flu Burung

Biasanya dokter akan memisahkan ruangan untuk pasien flu burung agar tidak menular. Penderita dianjurkan untuk meminum banyak caira, makanan sehat, istirahat, dan minum obat. Biasanya dokter akan memberikan obat anti virus agar tidak semakin parah.

BACA JUGA : Kondisi Perempuan yang Rawan Kena Serangan Kanker Payudara!

Beberapa contoh obat anti virus yang biasanya digunakan pada kasus flu burung seperti oseltamivir dan zanamivir. Sedangkan oseltamivir merupakan salah satu obat pilihan utama kepada penderitanya. Biasanya petugas medis yang menangani pasien penyakit ini akan menggunkan obat oseltamivir dan zanamivir tersebut.

Namun, komplikasi dapat terjadi pada kasus flu burung yaitu Pneumonia. Biasanya pasien dalam kondisi seperti ini akan dibantu dengan menggunakan ventilator di rumah sakit, agar dapat membantu pernapasan.

Selain memberikan sejumlah obat anti biotik kepada penderitanya, juga harus dilakukan sampai pneumonia sembuh dan pasien sudah dipastikan dalam kondisi sehatan tubuh yang normal.

BACA JUGA : Berita Terkini: 1 Warga Cirebon Positif Idap Flu Burung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here