Berita Terkini : Begini Kronologi KRI Pati Unus Tenggelam, Benarkah Lantaran Kena Torpedo ?

0
1494
KRI Pati Unus tenggelam

Berita Terkini : Begini Kronologi KRI Pati Unus Tenggelam, Benarkah Lantaran Kena Torpedo ?

Indowarta.com– Peristiwa kecelakaan laut yang menimpa KRI Pati Unus-384 (KRI PTS) pada hari jumat 13 Mei 2016 kini menjadi peerbincangan hangat di media sosial. Di salah satu halaman Fb yang bernama Dwi Edharmono menyebutkan bahwa KRI Pati Unus tenggelam karena mendapatkan tembakan dari kapal China. Hal ini terkait dengan adanya perseteruan di Laut China Selatan antara Indonesia dan pihak asing.

Puluhan awak prajurit dari KRI Pati Unus meninggal dunia tanpa adanya pemberitaaan di media, apakah yang sedang terjadi di republik ini sebenarnya? Begitu tulisan yang ada di halaman Fb bernama Dwi Edharmono.

Tidak hanya itu, Dwi Edharmono juga menuliskan “KRI Pati Unus ditorpedo sampai tenggelam oleh kapal China!! Tapi tidak ada satupun media yang memberitakan, termasuk juga media online. Namun berdasarkan informasi yang juga beredar di media sosial Fb, kecelakaan laut yang dialami oleh KRI Pati Unus yang terjadi pada hari Jumat 13 Mei 2016 sekitar pukul 18.15 WIB tersebut murni kecelakaan.

Informasi tersebut berdasarkan kontak terakhir radio antara Kom KRI Pati Unus ke WFQR Lantamal I. Komunikasi tersebut menginformasikan bahwa KRI Pati Unus tenggelam karena mengalami kebocoran akibat dari tabrakan dengan bangkai kapal, perkiraan lokasi adalah bouy 2 alur Belawan.

KRI Pati Unus tenggelam

Sementara itu juru bicara TNI AL yaitu Laksaman Pertama Edi Sucipto menyebutkan bahwa KRI Pati Unus mengalami kebocoran di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. menurutnya kebocoran tersebut terjadi ketika lambung kiri haluan kapal terkena benda di bawah permukaan air.

Pada saat ini seluruh ABK KRI Pati Unus bersama dengan Dinas Penyelaman Bawah Air dan Pangkalan Utama TNI AL I Belawan sedang mengatasi kebocoran tersebut. Namun upaya tersebut menemui kendala yaitu posisi kapal yang berada di area permukaan yang terbuka. Hal itu menyebabkan angin gelombang bisa mempengaruhi pekerjaan menutup bagian bawah kapan yang bocor.

Kini di media sosial muncul meme dan foto yang menggambarkan bahwa KRI Pati Unus tenggelam karena terkena hantaman torpedo. Foto tersebut muncul beberapa hari setelah TNI AL menangkap sebuah kapan yang berasal dari China karena diduga menangkap ikan secara ilegal di wilayah Indonesia.

Baca juga :

Berita Terkini : Kabar Pangeran Charles Adalah Penyuka Sesama Jenis Hanyalah Hoax ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here