Berita Terkini : Ditetapkan Sebagai Hari Lahir Pancasila, 1 Juni Jadi Hari Libur Nasional !

    0
    2539
    hari lahir pancasila

    Berita Terkini : Ditetapkan Sebagai Hari Lahir Pancasila, 1 Juni Jadi Hari Libur Nasional !

    Indowarta.com– Presiden Joko Widodo telah menetap-kan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Selain itu pada tanggal 1 Juni tersebut juga ditetapkan sebaga hari libur nasional. Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Predisen atau Keppres.

    Dikutip dari pidato Joko Widodo ketika dalam acara peringatan Pidato Bung Karno di Gedung Merdeka, Jawa Barat, pada hari Rabu 1 Juni 2016 “Dengan mengucap syukur ke hadirat Allah. Dengan bismillah, dengan Keppres tanggal 1 Juni ditetapkan, diliburkan dan diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila,”. Kemudian tepuk tangan meramaikan pidato tersebut dibarengi dengan senyuman dari Presiden Joko Widodo.

    Didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden tersebut. Jokowi kembali menegaskan bahwa Pancasila merupakan dasar negara yang harus diketahui asal-usulnya. Pancasila haru dijaga dan terus menjadi ideologi dari generasi ke generasi selanjutnya.

    hari lahir pancasila

    Dalam acara tersebut turut hadir juga presiden kelima Megawti Sukarnoputri, wakil presiden Indonesia yang ke 11 yaitu Boediono, keluarga besar Bung Karno, pimpinan lembaga tinggi negara dan jura para pejabat dari negara lain.

    Ketua umum DPP PDI Perjuangan yaitu Megawati Sukarnoputri sebelumnya juga sudah sempat menyampaikan keinginannya agar pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari Lahir Pancasila dan juga hari libur nasional. Menurut Megawati, hal tersebut sudah merupakan keharusan.

    Tanggal 1 Juni bisa dimanfaatkan bangsa untuk memperingati hari Lahir Pancasila dan juga hari libur nasional. Hal ini juga bertujuan untuk lebih mempersatukan bangsa Indonesia. Presiden kelima Republik Indonesia ini merasa sangat heran kenapa tanggal 1 Juni tidak segera ditetapkan menjadi Hari Lahir Pancasila. Dia sangat menyayangkan hal tersebut karena tidak kunjung terwujud.

    Sementara itu Nahdlatul Ulama atau yang sering disebut dengan NU secara resmi dan kelembagaan telah menyatakan bahwa lemabaganya telah meminta kepada presiden Joko Widodo secara langsung agar 1 Juni ditetapkan sebagai hari Lahir Pancasila.

    baca juga :

    Berita Terkini : Begini Isi Lengkap Perppu Kebiri Yang Resmi Diteken Oleh Bapak Presiden Jokowi !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here