Amalia Hernandez Hadir di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

    0
    202
    Amalia Hernandez
    Copyright©tribunkaltim

    Amalia Hernandez Hadir di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

    Indowarta.com – Halaman utama Google hari ini Selasa, 19 September 2017 dihiasi ilustrasi penari dengan pakaian warna warni. Ilustrasi tersebut menggambarkan sosok penari asal Meksiko yang terkenal bernama Amalia Hernandez. Lalu siapa sebenarnya wanita ini?

    Sosok wanita yang dimunculkan Google Doodle dalam halaman utamanya ini merupakan penari terkenal dari negara Meksiko. Selain menjadi penari ia juga merupakan seorang koreografer dan Amalia lahir tahun 1917 di Mexico City.

    Amalia Hernandez merupakan tokoh pendiri kelompok Ballet Foklorico de Mexico yang sudah dikenal dikancah Internasional. Meskipun dilatih dalam tarian ballet klasik, namun ia lebih memilih mengambil spesialis dalam tarian asli Meksiko. Tarian yang sering dibawakannya merupakan ensembel yang khas dan dianggap mewakili nilai-nilai tradisi Meksiko.

    WAJIB BACA :  Chandrasekhar, Pengembang Teori Bintang Kerdil Putih yang Hadir di Google Doodle Hari Ini!

    Perempuan ini mendirikan kelompok Ballet Folklorico pada tahun 1952. Dibawah kepemimpinannya kelompok ini menjadi kelompok tari Meksiko terbesar dan paling dihormati di dunia. Awalnya kelompok ini hanya beranggotakan delapan orang penari, namun seiring perjalanannya anggota bertambah hingga mencapai 300 penari.

    Amalia Hernandez
    Copyright©legal era Indonesia

    Kala itu kelompok penari yang dipimpin oleh Amalia ini menampilkan tarian pertama kali di telivisi pada tahun 1954. Setelah itu mereka rutin tampil dalam siaran mingguan dan dari itulah kelompok penari ini semakin populer hingga membuat mereka melakukan tur sampai ke Amerika Utara dan bahakan mewakili Meksiko dalam Pan American Games di tahun 1959.

    Tercatat Amalia Hernandez membuat koreografi lebih dari 40 ballet yang didalamnya menggabungkan tradisi tari lokal dari sekitar 60 wilayah di Meksiko. Koreografer yang diciptakannya menjadi duta besar keliling untuk kekayaan budaya Meksiko selama hampir setengah abad lamanya. Ia dikenal sebagai salah satu wanita berpengaruh di Meksiko, namun Amalia juga tak luput dari kontroversi dalam mengubah tarian rakyat daerah menjadi rangkaian tarian teater.

    WAJIB BACA :  Studio Musik Elektronik Jadi Google Doodle Hari Ini, Apa Itu?

    Kontroversi yang menimpa Amalia Hernandez yakni dirinya menampik tuduhan bahwa dirinya telah mengutak-atik tradisi folkloric dengan mengatakan kepada salah satu media pada tahun 1997. Namun wanita ini terus terlibat dalam pengelola kelompok Ballet Folkolorico hingga akhirnya ia tutup usia tahun 2000. Untuk mengenang sosok wanita sekaligus untuk memperingati ulang tahun ke 100 penari asal Meksiko ini Google mengubah logonya menjadi ilustrasi kumpulan penari Ballet Folklorico de Mexico.

    Baca juga : Samuel Johnson, Penyusun Kamus Bahasa Inggris yang Muncul di Laman Google Doodle Hari Ini!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here