Berita Terkini : Mengintip Perjalanan Jokowi Dan Ridwan Kamil Saat Napak Tilas Ke Sel Bung Karno Di Hari Kelahiran Pancasila !

    0
    1078
    hari kelahiran Pancasila

    Berita Terkini : Mengintip Perjalanan Jokowi Dan Ridwan Kamil Saat Napak Tilas Ke Sel Bung Karno Di Hari Kelahiran Pancasila !

    Indowarta.com- Dalam memperingati hari kelahiran Pancasila, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk berjalan kaku menuju ke sel Banceuy, Bandung pada hari Rabu ini dimana Bung Karno pernah menghuni sel tersebut.

    Joko Widodo berjalan kaki dengan putri sulung Bung Karno yang juga merupakan presiden ke lima Indonesia. ketua MPR Zulkifli Hasan dan juga Wali Kota Bandung juga ikut serta menemani Joko Widodo berjalan kaki.

    Jokowi berserta rombongan berjalan kaki menuju sel Bung Karno setelah menghadiri acara peringatan pidato Bung Karno 1 Juni 1945. Dia juga menyamoaikan pidato utama pada acara tersebut. Jarak antara Gedung Merdeka dengan sel Banceuy sendiri berjarak sekitar 500 meter. Kehadiran Joko Widodo juga menarik perhatian masyarakat sekitar untuk mengabadikan momen tersebut.

    Ada momen ketika Megawati memberikan sesuatu kepada Joko Widodo pada saat berjalan kaki. Jokowi juga sempat bertanya-tanya mengenai bangunan di sekeliling kepada Ridwan Kamil.

    Ketika sudah sampai di sel Bung Karno, Jokowi beserta rombongan disuguhi dengan narasi penjara itu yang disajikan oleh panitia. Sel tersebut bernomor 5 dan hanya berukuran 2,5 m x 1,5 m. sel tersebut nampak bagus dari luar. Tembok berwarna putih walaupun lantainya masih hanya berpelur. Namun sel tersebut bebas dari debu dan toiletnya pun nampak bersih.

    hari kelahiran Pancasila

    Kodisi seperti ini berbanding berbalik ketika Bung Karno menempati selĀ  sejak tanggal 29 Desember 1929 hingga delapan bulan kedepan. Jokowi, Megawati dan juga Ridwan Kamil sempat berfoto di patung Bung Karno yang terletak tepat di belakang sel tersebut.

    Tidak ketinggalan juga putri dari Megawati yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yaitu Puan Maharani. Setelah berjalan kaki mengunjungi sel Bung Karno, Joko Widodo berserta rombongan kembali lagi ke gedung Merdeka dengan menggunakan golf car.

    Disisi lain, presiden Jokowi berserta rombongan telah membatalkan kunjungannya ke Pesanggrahan Bung Karno yang terletak di Parapat, Kelurahan Tiga Raja, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.rumah tersebut merupakan peristirahatan pertama Bung Karno bersama dengan H. Agus Salim pada saat dia diasingkan oleh Pemerintah Pendudukan Belanda pada 4 Januari hingga 4 April 1949.

    baca juga :

    Berita Terkini : Jokowi Tetapkan 1 Juni Sebagai Hari Lahir Pancasila, Hari Libur Nasional Kemungkinan Mulai Tahun Depan !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here