Berita Terkini : Menilik Siapa Sosok Lotte Reiniger Yang Ditampilkan Dalam Video Google Doodle Hari Ini !

0
1079
lotte reiniger

Berita Terkini : Menilik Siapa Sosok Lotte Reiniger Yang Ditampilkan Dalam Video Google Doodle Hari Ini !

Indowarta.com– Google doodle hari ini memasang sosok yang bernama Lotte Reiniger. Doodle tersebut muncul di halaman pertama google untuk merayakan ulang tahun Lotte Reiniger yang ke 117.

Namun siapakah Lotte Reiniger tersebut? Lotte Reiniger merupakan salah satu sutradara perempuan kenamaan yang dimiliki oleh Jerman. Charlotte Reiniger ini lahir pada 2 Juni 1899 di Berlin dan kemudian dia lebih dekenal dengan nama Lotte Reiniger. Apa saja jasa yang telah dia buat sehingga Google memasang doodlenya sebagai penghormatan kepada Lotte Reiniger?

Selama kariernya, Lotte Reiniger tercatat sebagai sutradara pertama yang memakai teknik animasi silhuet. Lotte Reiniger juga orang yang pertama kali memperkenalkan alias pioner animasi silhuet. Jika saat ini penikmat film lebih sering menikamati film animasi keluaran Walt Disney, justru Lotte Reiniger sepuluh tahun dulu menggunakan animasi ketimbang Disney.

Sebanyak 40 film telah berhasil dia sutradarai. Diantara film Lotte Reiniger yang terkenal adalah The Adventures of Prince Achmed yang di produksi tahun 1926 dan juga film berjudul Ppapageno tahun 1935 yang musik latarnya dibuat oleh komponis kenamaan yaitu Wolfgang Amadeus Mozart.

lotte reiniger

Salah satu karya dari Lotte Reiniger yang hingga kini masih dipakai adalah teknik animasi silhuet dari sejumlah dongeng yang telah diangkat ke layar lebar. Sejumlah sineas menyebutnya sebagai animasi silhuet.

Pada tahun 1921, Lotte Reiniger menikah dengan pria yang bernama Carl Koch. Kemudian sang suami telah menjadi partnernya dalam berkarya. Berkat sang suami juga Lotte Reiniger berhasil bertukar pendapat dan ide dengan sejumlah seniman filsuf besar seperti Bertolt Brecht, Berthold Bartosch dan juga seniman avant-garde Hans Curlis.

Pada saat itu Lotte Reiniger berkarya di tengah kekuasaan Nazi yang sedang berkuasa di Jerman. Hal itu menyebabkan dia dan sang suami keluar untuk mencari suaka politik di Paris dan juga Roma. Dia meninggal di kota Dettenhausen, Jerman pada tanggal 19 Juni 1981 dalam usia 82 tahun.

baca juga :

Berita Terkini : Mengapa Frankie Manning Hadir Dalam Google Doodle Hari Ini, Ini Alasannya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here