Berita Terkini : BMKG Paparkan Indikasi Soal Gempa Yang Terjadi Di Sumatera Barat !

0
1272
Gempa Bumi1

Berita Terkini : BMKG Paparkan Indikasi Soal Gempa Yang Terjadi Di Sumatera Barat !

Indowarta.com– Gempa yang 6,5 yang barusan terjadi di sebelah selatan Sumatera Barat. Berdasarkan analis dati BMKG Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, intensitas gempa tektonik itu terjadi dengan cukup keras. Selain itu ada juga wilayah lain yaitu sekitar Painan, Bengkulu, Kepahiyang, Padang, dan Padang Panjang.

Sekitar pukul 05.56 WIB gempa bumi yang berkekuatan 6,5 terjadi. Gempa berkekuatan 6,5 magnitude ini mencapai kedalaman 72 kilometer berada tepat di lokasi 2,29 Lintang Selatan dan 100,46 Bujur Timur. Namun setelah diperbarui lagi, BMKG mencatat gempa tektonik berkekuatan sebesar 6,5 magnitude dengan kedalaman 70 kilimeter. Lokasinya berada di 2,16 Lintang Selatan dan 100,70 Bujur Timur.

Selain itu BMKG juga memastikan bahwa gempa bumi yang berpusat di laut 79 Kilometer Barat Daya Pesisir Selatan Sumatera Barat tersebut tidak akan mempunyai potensi tsunami. Hal ini karena kedalaman dari gempa tersebut cukup dalam yaitu 72 kilometer. Dari hasil pengawasan BMKG, hingga saat ini masih belum ada gempa susulan.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Mochammad Riyadi melalui pernyataan tertulisnya menjelaskan bahwa sesuai dengan laporan masyarakat yang sudah diterima BMKG, gempa bumi dirasakan cukup keras di wilayah painan, Kepahyang, Padang dan Padang Panjang, Sumatera Barat, Bengkulu.

gempa_bengkulu_12_sep_2007

Riyadi menyebutkan berdasarkan parameter, gempa bumi disebabkan oleh aktivitas sunduksi penunjaman lempeng Indo-Australia terhadap Lemapr Eurasia. Hasil anallisis, mekanisme sumber gempa memperlihatkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh aktivitas sesar yang naik.

Hingga saat ini BMKG masih belum menerima laporan mengenai kerusakan. Walaupun begitu, pihak BMKG akan terus memonitori perkembangan dan juga laporan dari lapangan guna mengatahui kondisi yang sebenarnya.

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan juga mengikuti setiap araha yang diberikan oleh BPBD setempat. Jangan mudah terpengaruh dengan isu yang masih belum pasti kebenarannya mengenai gempa bumi dan juga tsunami. Umumnya, gempa susulan akan berkekuatan lebih kecil.

baca juga :

Berita Terkini : Gempa 6.5 SR Yang Terjadi Di Sumatera Barat Hari Ini Turut Guncang 7 Kabupaten Di Kota Bengkulu !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here