Asima Chatterjee, Sosok yang Muncul di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

    0
    398
    Asima Chatterjee
    Copyright©kompastekno

    Asima Chatterjee, Sosok yang Muncul di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

    Indowarta.com – Seorang ahli kimia Asima Chatterjee nongol pada halaman muka Google Doodle hari ini Sabtu, 23 September 2017. Wanita berkacamata ini berasal dari India dan dikenal dengan karyanya dalam bidang organik dan phytomedice.

    Untk mengenang Asima Chatterjee Google menambilkan perempuna ini di halaman mukanya lengkap dengan kacamatanya. Selain kacamata berbingkai khas Chatterjee Google juga menampilkan struktur senyawa kimia berwarna hijau yang mempresentasikan kimia organik yang menjadi bidang yang ia tekuni.

    Chatterjee lahir di Calcutta pada tahun 1920-1930an dan ia tekun mempelajari bidang kimia. Kala itu Chatterjee membuat kejutan bagi dunia pendidikan karena dia ingin membelajari bidang tersebut. Dia pun tak haya menyelesaikan studinya di jurusan Kimia Organik, namun perempuan berkacamata ini berhasil meraih gelar Doctorate of Science.

    Chatterjee menjadi wanita pertama yang meraih gelar Doctorate Science. Ketertarikannya untuk mempelajari kimia organik, terutama obat-obatan asal India ternyata dipengaruhi oleh sosok sang ayah. Ayahnya, Dr Indra Narayan Mukherjree serang ahli biotani amatir India menjadi soosk inspirasi Chatterjee untuk bisa menemukan potensi dirinya menjadi seorang ahli kimia.

    Asima Chatterjee
    Copyright©bajarmasinpost

    Dari biografi yang ditulis Indian of Scieces Academy, kesuksesan Asima Chatterjee diraih karena kerja keras dan perjuangannya untuk terus belajar menggali ilmu. Ia menghabiskan hari-harinya untuk penelitian di tengah kondisi universitas yang paling tidak lengkap alat di labolatoriumnya, keuangan minim dan bahan-bahan kimia yang tak memadai.

    Akan tetapi ditengah keterbatasan dan kekurangan itu, perempuan ini membuktikan bahwa dirinya mampu meraih kesuksesan yang memberikan kontribusi besar bagi dunia. Salah satu kunci kesuksesannya yakni karakternya yang tidak pernah puas untuk terus berusaha untuk melakukan yang terbaik.

    Dari hasil penelitian Asima Chatterjee itu dijadikan pilar penting bagi perkembangan dunia obat-obatan. Dia memang fokus mempelajari sifat tanaman obat asal India dan tercatat sepanjang kariernya, penelitian yang dilaukan Chatterjee berkontribusi besar terhadap pengembangan obat yang mengobati penyakit epilepsi dan malaria.

    Kerja keras yang dilakukannya juga diakui oleh universitas di seluruh dunia dan ia pun juga pernah meraih penghargaan dari pemerintah India. Penghargaan yang diraihnya salah satunya Padma Bhushan utuk diangkat menjadi Majelis Tinggi Parlemen.

    Wanita berkacamata kelahiran 23 September 1917 ini juga berkolaborasi mendirikan Departemen Kimia di Lady Brabourne Collage. Google Doodle sendiri memampangkan sosok Chatterjee hari ini merupakan sebuah peghargaan 100 tahun kelahirannya serta untuk mengitkan dunia akan sosok wanita luar biasa yang berprestasi di bidang sains.

    Baca juga : Amalia Hernandez Hadir di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here