Kebiasaan Sepele yang Bisa Picu kanker Serviks

0
4318
Ilustrasi Kanker
Copyright ©Ilustrasi

Kebiasaan Sepele yang Bisa Picu kanker Serviks

Indowarta.com – Kepada para perempuan dewasa, kanker serviks sudah menjadi salah satu penyakit yang menakutkan. Setiap tahunnya, penderita penyakit ini terus mengalami penambahan. Penyebab utama timbulnya penyakit ini adalah virus Human Paviloma atau yang sering disebut HPV.

BACA JUGA : Iriana Jokowi Ajak PNS Periksa Kanker Seviks dan Kanker Payudara!

Menurut keterangan dari seorang ahli ankologi Brasil, Angélica Nogueira, perempuan yang memiliki kebiasaan merokok dapat merubah kekebalan tubuh menjadi rusak. Sehingga perubahan ini dapat meningkatkan resiko terkena infeksi virus HPV.

Kanker Serviks
Copyright ©CaraMedis

Seperti dilansir dari Vix.com, Berikut adalah beberapa kebiasaan sepele yang dapat memicu adanya kanker serviks yang diderita para perempuan.

  1. Tidak membersihkan organ intim secara teratur
WAJIB BACA :  Mewarnai Rambut Bisa Picu Kanker Payudara?

Flora vagina adalah salah satu dari bagian dari imunitas seorang perempuan. Oleh sebab itu, kondisi flora vagina akan mengalami perubahan jika kondisi dari kebersihan intim tidak terjaga dengan baik.

BACA JUGA: Lampu Jalan Bisa Menyebabkan Kanker Payudara!

Dalam kondisi tersebut, maka akan dapat meningkatkan bakteri jahat yang mucul disekitar vagina dan akan melemahkan sejumlah bakteri baik. Sehingga, kebiasaan buruk inilah yang dapat menyebabkan penyebaran virus atau penyebaran penyakit akan sangat mudah.

  1. Penggunaan kontrasepsi yang salah

Dari para spesialis, pil kontrasepsi telah memiliki tanggung jawab untuk timbulnya kanker serviks. Namun sekarang ini, pil kontrasepsi masih banyak dikeluhkan oleh para perempuan karena kegunaannya yang kurang baik. Sebaiknya anda harus konsulatasikan dulu ke dokter sebelum menggunakanya.

  1. Hubungan badan lebih dini
WAJIB BACA :  Mewarnai Rambut Bisa Picu Kanker Payudara?

Perempuan yang sudah melakukan hubungan badan pada usia dini akan meningkatkan resiko terkena kanker serviks. Penularan ini dapat terjadi dari kontak kulit yang sudah dilakukan. Oleh sebab itu, jika semakin muda melakukan hubungan badan maka akan semakin meningkatkan terjangkit virus.

  1. Merokok

Jika seseorang memiliki kebiasaan merokok, makan sistem kekebalan tubuh mereka semakin lama akan berkurang, bahkan sistem kekebalan tubuh ini dapat mengalami rusak jika kebiasaan ini terus dilakukan. Adanya kerusakan pada kekebalan tubuh dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker serviks.

Baca juga : Awas. .Ini Tanda-tanda Kanker Ovarium Bagi Wanita!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here