Honda Scoopy Kalahkan Yamaha Fino di Indonesia!

0
969
Honda Scoopy
Copyright©autoblog

Honda Scoopy Kalahkan Yamaha Fino di Indonesia!

Indowarta.com – Kendaraan skutik kali ini memang banyak difavoritkan oleh masyarakat Indonesia dan sejumah parikan berlomba menghasilkan produk skutik terbaik. Salah satunya skutik Honda Scoopy yang menjadi sorotan karen banyak digemari oleh kalangan muda hingga kalangan tua.

Ternyata Honda Scoopy mampu meninggakan jauh pesaingnya Yamaha yang lebih dulu memasarkan skutik berdesain retro yakni Fino. Persaingan kedua pabrikan ditunjukan dengan sama-sama menghadirkan aura lifestyle di produk skuter matiknya ini.

Namun persaingan tidak seru dengan hasil penjualan yang sangat timpang antara Honda Scoopy dengan Yamaha Fino. Tercatat bulan lalu Scoppy mendapatkan penyegaran dari PT Astra Honda Motor (AHM) yang cukup signifikan. Tepatnya bulan Mei 2017 skuter Honda ini semakin tidak terkejar dengan distrubusi kendaraanya mencapai 57.731 unit.

Rata-rata penjualan yang berhasail dicapai Scoopy selama delapan bulan pertama tahun 2017 ini tidak pernah dibawah 40.000-an unit dalam sebulan. Dengan catatan tersebut menjadikan produk Honda itu menjadi salah satu kendaraan roda dua terlaris saat ini.

Honda Scoopy
Copyright©kmpastekno

Apalagi Honda Scoopy menghadirkan varian baru dengan ban yang semain tebal plus teknologi lampu LED. Dari total penjualan awal tahun hingga bulan kemarin Scoopy berhasil menjual produknya hingga 385.968 unit.

Hal ini bebanding terbalik dengan pesaingnya yakni Yamaha Fino. Skutik modern yang melekat pada produk Yamaha ini nyatanya tak mampu mendongkrak penjualan meskipun PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan dua varian yakni Fino Sporty FI dan Fino Premium FI.

Akan tetapi kedua varian Yamaha Fino itu masih tak mampu menyaingi Scoopy FI eSP. Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) bulan Agustus 2017 lalu keluaran dua varia Fino ini hanya mampu terjual 8.814 unit. Jika ditotal Januari hingga Agustus, Fino hanya mampu menjual 86.9998 unit.

Semenatra itu jika dilihat dari pengembangan mesin Honda Scoopy dibekali mesin 110 cc eSP yang juga dipakai Honda Beat dan Vario 110. Untuk harga AHM membanderolnya dengan Rp 17,8 jta untuk tiga pilihan corak yakni Stylish, Playful dan Sporty.

Sedangkan Yamaha Fino justru dibekali dengan mesin lebih besar yakni 25 cc Blue Core yang juga dipakai skutik Yamaha lainnya seprti Mio dan X-Ride. Untuk harga tak terpaut jauh dengan Scoopy, Rp 17, 3 juta dan Rp 18,4 juta untuk tipe grande.

Baca juga : Daftar Tunggangan Besi yang Dimiliki Raffi Ahmad Dan Tunggakan Pajak yang Harus Dibayar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here