Gempa 5.0 SR Guncang Tasikmalaya, Ini Pemicunya!

0
177
Gempa
Copyright©sayangi

Gempa 5.0 SR Guncang Tasikmalaya, Ini Pemicunya!

Indowarta.com – Kali ini gempa bumi kembali mengguncang wilayah Indonesia tepatnya di Kota Karanganyar, Tasikmaaya, Provinsi Jawa Barat. Gempa berkekuatan 5.0 tersebut berlokasi di laut pada jarak 44 kilometer arah barat daya Kota Karanganyar.

Gempa ini dirasakan oleh sejumlah warga Tasikmalaya pada Senin, 25 September 2017. Dari infomasi menyebutkan jika getaran dipicu oleh sesar naik (thrust fault) yang berlokasi di laut lepas. Terkait kejadian gempa Tasikmalaya ini juga dijelaskan oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Moch Riyadi.

Dari keterangan yang diterima, Riyadi mengatakan jika dilihat dari kedalam hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi kali ini merupakan jenis gempa bumi dangkal. Gempa bumi itu sendiri diakibatkan aktiviats subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia.

Baca juga : Sejarah Panjang Gempa di Megathrust Mentawai!

Sedangkan letak pusat getaran berada di koordinat episenter 8,12 Lintang Selatan (LS) dan 107,87 Bujur Timur (BT). BMKG menginformasikan jika gempa bumi di Tasikmalaya ini terjadi pada Senin, 25 September 2017 pukul 05.06.02 tepatnya di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa di kedalaman 55 km dari permukaan laut.

Gempa
Copyright©antaranews

Kemudian dampak dari gempa bumi ini juga digambarkan dalam peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG yakni potensi guncangan akan dirasakan di daerah Tasikmalaya, Ciamis dan Garut dengan intensitas II SIG-BMKG ((II-III) MI). Sebelumnya BMKG juga mencatat telah terjadi gempa bumi tektonik dengan mgnitude 5,2 Skala Ricter (SR) mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera.

Gempa bumi yang berlokasi di Sumatera tersebut tepatnya berada di Kabupaten Bengkulu Utara dan terjadi pada pukul 03.10.08 tepatnya sebelum gempa di Tasikmalaya. Dari data yang digambarkan dalam peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, gempa bumi ini berpotensi dirasakan oleh warga di daerah Bengkulu dan Kepahiang dengan intensitas II SIG-BMKG (II-IV MMI).

Baca juga : Berita Terkini: Gempa Sebesar 5 SR Guncang Malang Akibat Pertemuan Dua Lempeng Bertemu!

Jika dilihat dari kedalaman hiposentrumnya gempa yang dirasakan di daerah Sumatera ini merupakan gempa bumi menengah. Dikatakan seperti itu karena gempa bumi di pengaruhi aktiviats subduksi Lempeng Indo-Australia ke bona Benioff. Zona ini tepatnya beraa di zona subduksi lempeng yang mempunyai sudut ketajaman yang lebih tajam di bawah lempeng Eurasia. Dari hasil analisis menunjukan jika gempa ini dipicu oleh penyesaran naik (thust fault).

Baca juga : Berita Terkini: Gempa Sebesar 5 SR Guncang Malang Akibat Pertemuan Dua Lempeng Bertemu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here