Nikah Siri Sah Secara Agama, Tapi Tak Punya Kekuatan Hukum!

0
261
Nikah Siri
Copyright©fanind

Nikah Siri Sah Secara Agama, Tapi Tak Punya Kekuatan Hukum!

Indowarta.comNikah siri ini memang sah menutur agama Islam selama rukunnya telah terpenuhi. Rukun pernikahan dalam Islam antara lain ada pengantin laki-laki, pengantin perempuan, wali, dua orang saksi laki-laki, mahar, serta ijab dan kabul.

Baca Juga Kominfo Bantah Situsnya Sedang Diretas’ Indonesia Mundur 10 Abad’!

Walaupun demikian, Majelis Ulama Indonesia ini telah menganjurkan agar umat tidak menikah siri dan juga memilih pernikahan resmi sesuai dengan hukum yang telah berlaku. Wakil Ketua Umum MUI Kiai Haji Ma’ruf Amin telah mengatakan bahwa MUI ini sudah sejak lama memberikan himbauan untuk masyarakat agar menikah secara resmi.

Hal tersebut berasalan karena nikah siri sah secara agama, namun tidak memiliki kekuatan hukum. Maka baik istri maupun anak nantinya akan berpotensi menderita kerugian akibat pernikahan tersebut karena tidak memiliki kekuatan hukum.

Nikah Siri
Copyright©satujam

Ma’ruf Amin pada hari Selasa 9 Desember 2014 ini telah mengatakan “Lebih baik menikah secara resmi, supaya tak ada yang berisiko menanggung kerugian. Karena nikah siri itu tak diakui negara. Kalau perkawinan tak dicatat oleh negara, berarti tak ada bukti bahwa seseorang itu sudah menikah”.

Di dalam UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, disebutkan bahwa tiap-tiap perkawinan harus dicatat negara. Bagi yang beragama Islam, hal ini berarti pernikahan harus dicatat di Kantor Urusan Agama (KUA).

Lalu Ma’aruf menuturkan “Jadi, MUI menganjurkan supaya masyarakat melakukan perkawinan resmi sesuai Undang-undang Perkawinan. Dengan begitu, sah secara negara, dan sah pula secara agama”. Selain itu Ma’aruf sendiri juga telah menjelaskan bahwa pernikahan siri sah di dalam agama Islam, asalkan semua rukun dan juga syaratnya terpenuhi. Namun tidak akan memenuhi hukum negara.

Baca Juga Kenapa Situs CPNS Kemenkuham Go Id Susah diakses?

Ma’aruf menuturkan bahwa selama si suami ini bertanggungjawab dan juga memenuhi kewajibannya sebagai kepala rumah tangga, maka pernikahan siri ini sah dan juga halal secara agama. Namun apabila yang terjadi adalah hal sebaliknya, maka pihak istri maupun anak dari hasil pernikahan tersebut akan berpotensi menjadi pihak yang menderita kerugian.

baca juga : 

Mengintip Cara Kerja Situs Nikahsirri.com!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here