Berita Terkini : Menjelang Ramadhan, Harga Daging Di Indonesia Kian Melambung Kalahkan Malaysia !

0
1538
daging sapi

Berita Terkini : Menjelang Ramadhan, Harga Daging Di Indonesia Kian Melambung Kalahkan Malaysia !

Indowarta.com– Jelang memasuki bulan Suci Ramadhan, harga daging sapi kini masih melonjak hingga angka Rp 120 ribu per kilogram. Padahal presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan kepada para menterinya agar harga daging sapi bisa turun hingga di bawah Rp 80 ribu per kilogram.

Ketua Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) Asnawi menyebutkan bahwa harga daging di Indonesia kini merupakan yang paling tinggi di ASEAN. Dibandingkan dengan harga daging di Malaysia dan Singapura, harganya hanya setengah dari harga daging yang telah dibanderol oleh Indonesia. Di Malaysaia, harga daging sapi dijual dengan harga Rp 50 ribu per kilogramnya, sedangkan di Singapura dijual dengan harga Rp 55 ribu per kilonya.

Asnawi menyebutkan bahwa walaupun Singapura tidak mempunyai peternakan sendiri, namun negara tersebut bisa menjual harga daging degnan harga yang murah di dalam negeri. Hal itu karena daging tersebut di pasok dari India yang memang harga dagingnya bisa dibilang murah. Karen sumbernya dari daging beku, daging kerbau, mereka dapat dari India dengan harga sekitra Rp 40 ribu sampai Rp 45 ribu per kilogram.

daging sapi

Hal yang serupa juga dikatakan oleh Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Ismed Hasan Putro. Menurut dia, harga daging di Malaysia bisa murah karena mereka memiliki peternakan di negara lain seperti di Australia dan lain-lain. Dengan begitu, jika kebutuhan daging di dalam negerinya tinggi, maka akan bisa langsung diimpor dari peternakan pengusaha Malaysia terebut.

Ismed Hasan Putro juga menegaskan bahwa pengusaha Malaysia ini mempunyai usaha peternakan di Australia. Selain itu mereka juga punya peternakan bersama dengan Brunei Darussalam. Oleh karena itu Malaysia bisa menjual daging dengan memberikan harga yang murah yaitu sekitar Rp 55 ribu. Singapura yang tidak memiliki peternakan sapi memberikan harga sebesar Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu.

Presiden Joko Widodo ingin menurunkan harga daging sapi karena menjelang bulan suci Ramadhan ini. Sementara itu para pedagang daging sapi di Indonesia sendiri merasa pesimis harga bisa turun hingga di bawah Rp 80 ribu.

baca juga :

Berita Terkini : Menanti Turunnya Harga Daging Sapi Dibawah Rp 80.000 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here