Kemendagri Beberkan Soal Perizinan Meikarta!

0
639
Meikarta
Copyright©jualhabis

Kemendagri Beberkan Soal Perizinan Meikarta!

Indowarta.com – Komisi II DPR menggelar rapat dan membahas soal perizinan Meikarta. Rapat itu dihadiri oleh pejabat Kementerian Dalam Negeri, Ombudsman RI dan perwakilan pemerintah Kabupaten Bekasi.

Dalam rapat tersebut membahas Lippo Group yang melakukan pemasaran secara besar-besaran padahal izin yang dimiliki belumlah lengkap. Izin yang dimaskud yakni Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan analisis dampak lingkungan (AMDAL).

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemneterian Dalam Negeri, Sumarsono menilai, persoalan tentang Meikarta berada di antara peraturan serta kebutuhan akan hunian. Sehingga perlu untuk dicari solusinya agar Meiikarta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan di lain sisi tak menyalahi aturan yang berlaku.

Baca Juga Apa yang Kamu Dapatkan Jika Pindah ke Meikarta?

Untuk sejauh ini Meikarta baru mengantongi izin lokasi dan IPPT. Namun, sesungguhnya Lippo Group telah mengambil langkah-langkah untuk memperoleh semua izin yang dibutuhkan.

Meikarta
Copyright ©merdeka

Sumarsono mengatakan kalau Meikarta sendiri sudah bersurat dan minta rekomendasi ke gubernur. Mereka juga telah membuat AMDAL, namun semua itu masih menumpuk di Pemkab yang tak bisa diproes lantaran menunggu rekomendasi dari gubernur.

Rekomendasi Gubernur tersebut dibutuhkan lantaran Bekasi termasuk kawasan metropolitasn yang jumlah penduduknya lebih dari satu juta jiwa. Dan persoalannya, belum ada peraturan gubernur yang menjadi dasar untuk rekomendasi gubernur.

“Jadi ini berturut-turut Pergub belum ada, rekomendasi belum dibuat, yang lainnya mandek,” terang Sumarsono.

Baca Juga Kereta Cepat Akan Memudahkan Transportasi di Meikarta!

Menurutnya, belum adanya Pergub ini harus menjadi bahan evaluasi dan perbaikan. Sumarsono mengatakan pihaknya akan cek ke Jawa Barat kenapa peraturan gubernurnya lambat dikeluarkan.

Ini merupakan masalah yang akan pihaknya selesaikan sebagai bentuk kesimpulan dari rapat dan akan konsolidasikan pemerintah Jabar maa pemkab bekasi terkait isu-isu permasalahan Meikarta.

Sebelumnya, CEO Lippo Group, James Riady meminta maaf lantaran promosi proyek Meikarta dilakukan dengan gencar. Padahal, di saat bersamaan proyk tersebut belum mengantongi IMB dari pemerintah Jawa Barat.

James berjanji akan terus berbenah untuk lebih baik lagi kedepannya. “Mohon maaf kalau ada kekurangan, semua akan dilengkapi. Fokusnya adalah bagaimana memikirkan sebelas juta defisit rumah,” ujarnya.

Sebagai informasi, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menegaskan kalau pembangunan serta pemsaran kawasan permukiman Meikarta Lippo Cikarang harus dihentikan hingga ada rekomendasi serta izin legal.

Baca Juga Cikarang Akan Setara dengan Tokyo Sampai Las Vegas Karena Meikarta?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here