Sudah Berkali Kali Setya Novanto Lolos dari Jeratan Hukum!

0
1110
Setya Novanto
Copyright ©Reuters

Sudah Berkali Kali Setya Novanto Lolos dari Jeratan Hukum!

Indowarta.com – ‘Licin seperti belut’ layak disematkan kepada Ketua DPR, Setya Novanto yang saat ini tengah menyandang status tersangka kasus E-KTP. Novanto berkali-kali lolos dari ‘lubang jarum’ bahkan saat dirinya sudah menjadi tersangka.

Hal itulah membuat Setya Novanto di juluki si licin dan The untochable (tak tersentuh). Dua julukan itu sering kali disematkan kepadanya saat tengah berhadpan dengan kasus hukum. Salah satunya yang terjadi dalam sidang praperadilan yang digelar Jumat, 29 September 2017 di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Hakim tunggal Cepi Iskandar memutuskan untuk membatalkan status tersangka Novanto dalam kasus kroupsi proyek E-KTP yang merugikan negara hingga 2,3 triliun. Dalam sidang praperadilan kala itu. Cepi menyebutkan jika surat perintah penyidikan dengan nomor Sprin DI-56/01/07/2017 yang dikeluarkan pada tanggal 17 Juli 2017 tidak sah.

WAJIB BACA :  MKD Benarkan Surat Pengunduran Setya Novanto!

‘Hakim dengan ini menyatakan penetapan tersangka terhadap Setya Novanto yang dikeluarkan termohon tidak sah’ ujar Cepi saat membacakan putusan dalam sidang praperadilan Jumat, 29 September di PN Jaksel.

Setya Novanto
Copyright ©tribunnews

Selain itu Cepi juga menolah semua eksepsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait Setya Novanto. Hakim saat itu melanjutkan jika pencabutan status tersangka itu sekaligus menjadi dasar hukum jika penyidikan terhadap Novanto harus dihentikan.

‘Hakim dengan ini memerintahkan untuk menghentikan penyidikan terhadap Setya Novanto. Kemudian menghukum termohon untuk membayar denda senilai nihil’ ujarnya.

Pernyataan Cepi seklaigus menjadi kemenangan Novanto dari berbagai kasus hukum. Cukup diketahui jika Ketua Umum Partai Golkar ini pernah terbelit sejumlah kasus, namun dia selalu lolos dari jeratan hukum meskipun sudah menjadi tersangka.

WAJIB BACA :  KPK Pastikan Setya Novanto Tak Sakit Menjelang Sidang Korupsi E KTP!

Sejumlah kasus yang tak mampu menahan Setya Novanto salah satunya kasus Bank Bali. Kasus skandal Bank Bali Rp 904 miliar pada tahun 1999 menjadi kasus pertama yang memunculkan nama Novanto. Sebanyak sepuluh orang termasuk Setnov ditetapkan menjadi tersangka, namun hanya tiga orang yang dijatuhi hukuman penjara yakni Direktur PT EGP (Joko Tjandra), mantan Gubernur BI (Syahril Sabirin) dan mantan wakil BPPN (Pande N Lubis).

Selain itu juga ada kasus Papa Minat Saham, Kasus Akil Mochtar dan Kasus PN XVII yang juga menjerat Novanto. Namun dari semua kasus itu tak ada yang mampu menundukan atau memenjarakan orang nomor satu di DPR ini.

Baca juga : ICW Sebut Hakim Sidang Praperadilan Setya Novanto Alami Banyak Kejanggalan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here