Cara Mempercepat dan Memperlambat Video Youtube di Smartphone!

0
225
Youtube
Copyright©tribuntimur

Cara Mempercepat dan Memperlambat Video Youtube di Smartphone!

Indowarta.com – Layanan Youtube sampai saat ini menjadi favorit bagi mereka yang ingin menikmati berbagai macam video. Selain sejak beberapa tahun lalu para youtubers pun bisa memilih kecepatan pemutaran vidieo yang ditonton di web dekstop.

Pemirsa Youtube bisa mempercepat ataupun meperlambat pemutaran vdieo yag ditonton. Fitur serupa beberapa waktu terakhir mulai disediakan di aplikasi mobile Youtube melalui sebuah update. Anda hanya perlu mengupdate untuk mengakses opsi kecepatan pemutaran video ini.

Pengguna aplikasi di layanan Youtube melalui Android dan iOS harus mengupdate atau memperbarui sistemnya ke versi terbaru. Jika sudah tekan tombol menu yang ditunjukan dengan tiga titik vertikal pojok kanan atas jendela video. Setelah itu Anda bisa memilih opsi dengan tulisan ‘Playback Speed’.

Dalam opsi tersebut disediakan sejumah pilihan untuk mempercepat video ataupun memperlamabat video. Untuk pilihan ‘Normal’ akan mengacu pada kecepatan atau speed dafault sebesar 1 kali. Sedangkan pilihan ‘0.25’ akan memutar video dengan kecepatan seperempat kali speed aslinnya.

Youtube
Copyright©Merdeka

Namun sebaliknya jika memilih opsi ‘2x’ makan video akan diputar dua kali lebih cepat. Opsi pemutaran video ini sendiri bisa digunakan jika pengguna ingin memperlambat tayangan untuk lebih memerhatikan dengan seksama. Misalnya saja ingin menyaksikan sebuah tutorial, maka opsi yang satu ini cocok digunakan. Sedangkan sebaliknya yakni kecepatan lebih tinggi biasanya membantu saat ingin mempersingkat waktu menonton video itu sendiri.

Mengenai hal ini juga diungkapkan oleh Software Engineer Youtube, Pallvi Powale. Dia menuturkan jika memprcepat ataupun memprlambat audio sembari tetap bisa mengerti tayangan disebut time stretching. Sedangkan tantangan utama dalam hal tersbut yakni mengubah durasi sinyal audio secara efisien tanpa mempengaruhi pich ataupun distorsi.

‘Tantangan utama untuk mempercepat atau memperlambat audio yakni mengubah durasi sinyal audio secara efisien tanpa mengubah pitch atau distorsi dan hal ini disebut time stretching’ ujarnya melalui sebuah postingan blog.

Powale menambahkan, tanpa adanya time stretching audio yang dipercepat akan terdengar bernada tinggi. Sedangkan jika diperlambat nada terdengar lebih rendah bahkan membuat pembicaraan di video tersebut tak bisa didengar.

Sementara itu mengenai hal ini Youtube masih terbentur dengan masalah limitasi hardware dan network. Akibatnya kualitas video harus disesuaikan yakni hanya setinggi yang bisa diunduh secara konsisten jika pengguna menggunakan opsi Playback speed ini.

Baca juga : Viral Video FB Mobilio Vs Truk Rebutan Masuk Tol Sampai Baret!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here