Catalonia Tetap Deklarasikan Kemerdekaan Meski Ditolak Spanyol!

0
317
Catalonia
Copyright©simple blaugrana

Catalonia Tetap Deklarasikan Kemerdekaan Meski Ditolak Spanyol!

Indowarta.comCatalonia reacannaya akan tetap mendeklarasikan kemerdekaannya meskipun Spanyol menolaknya. Seperti yang dikatakan oleh Pemimpin Catalonia, Carles Puigdmont yang menegaskan jika dirinya akan mendeklarasiikan kemerdekan secara sepihak jika Spanyol tetap menolak hasil refendum.

Cukup diketahui jika sebelumnya hasil refendum telah dibawa ke parlemen daerah guna mendapat persetujuan sebelum kemerdekaan Catalonia dideklarasikan. Puigdemont pun meminta bantuan kepada Komisi Eropa yakni badan eksejutif Eropa terkait hal ini.

Dia mengharapkan supaya Komisi Eropa mendorong dilakukannya mediasi internasional dengan terjadinya perselisihan internal Spanyol terkait hasil refendum yang menunjukan 90 persen suara memilih Catalonia merdeka. Dari pantauan pada Senin, 2 Oktober 2017, warga Catalonia akan menggelar aksi demonstrasi besar-besaran pada Selasa, 3 Oktober 2017.

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes terhadap kekerasan pemerintah Spanyol dan untuk mendapatkan dukungan kemerdekaan. Jika dilihat dari hasil refendum pada Minggu, 1 Oktober 2017 telah diumuman jika 90 persen atau hampir 2,3 juta suara telah memberikan dukungannya untuk kemerdekaan negara ini.

Catalonia
Copyright©Tempodunia

Akan tetapi menurut pemerintahan Spanyol refendum tersebut tidak bisa menjadi acuan. Menurut pemerintah Negeri Matador jumlah refendum tak dapat diverifikasis secara independen dan yang terpenting pengadilan konstitusional meminta penangguhan refendum tersebut.

Terkait hal ini juga ditanggapi oleh Mentei Kehakiman Spanyol, Rafael Catala. Dia menuturkan jika telah memperingatkan jika pemerintah pusat di Madrid siap untuk mencegah deklarasi kemerdekaan. Pemerintah telah menyiapakan kekuatan daruratnya untuk mencegah deklarasi kemerdekaan Catalonia jika benar-benar dilakukan secara sepihak.

Menejurt Rafael, dibawah hukum Spanyol, pemerintah dapat menaggguhkan Puidemont dari jabatannya sekarang. Selain itu dia mengatakan jika pemerintah Spanyol sendiri juga dapat menegndalikan administrasi Catalonia secara penuh.

Sementara itu cukup diketahui jika Catalonia merupakan salah satu wilayah yang tercatat masih dibawah pemerintahan Spanyol dengan ibukota Barcelona. Tercatta saata ini wilayah tersebut dihuni sebanyak 7 juta orang dan 15 persen berasal dari seluruh populasi Spanyol. Sedangkan refendum untuk memerdekakan wilayah ini dari Spanyol bukan pertama kali terjadi.

Tuntutan refendum sudah dilakukan oleh warga Catalonia ini sejak beberapa tahun lalu. Mereka menganggap jika refendum merupakan satu-satunya jalan dari tekanan yang dialami warga wilayah tersebut atas tekanan budaya dan ekonomi di bawah pemerintah Spanyol.

Baca juga : Serangan Las Vegas Termasuk Penembakan Massal Terbesar dalam Sejarah AS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here