Hoax Teror Las Vegas Beredar, FB dan Google Akui Kecolongan!

0
570
Mandalay Bay di Las Vegas (1)
Copyright ©kompas

Hoax Teror Las Vegas Beredar, FB dan Google Akui Kecolongan!

Indowarta.com – Walau sebelumnya Google dan Facebook (FB) sudah menyatakan kalau sudah menggunakan algoritma yang dapat menekankan adanya penyebaran berita hoax atau palsu, namun pada kenyataanya kedua raksasa internet tersebut masih saja dapat kecolongan.

BACA JUGA : Bos FB Ungkap Permintaan Maaf Lantaran Facebook Sering Jadi Sarang Penyebaran Hoax!

Sudah bukan hal baru lagi dalam situasi krisis seperti adanya teror penembakan yang sudah terjadi di dekat kasino Mandala Bay, Las Vegas, Amerika Serikat, banyak orang yang akan mencari informasi ke internet saat itu.

Ditambah, FB dan Google sendiri juga langsung mempromosikan pemberitaan mengenai informasi teror Las Vegas itu. Akan tetapi, kedua platform ini justru salah dalam melakukan promosi informasi, yang berisikan sebuah berita hoax yang sudah ada hingga berjam-jam sebelum mereka melakukan penurunan.

WAJIB BACA :  Developer Game Bisa Cari Uang Lewat FB Messenger!

Fitur Crisis di FB yang sudah mempromosikan sebuah artikel yang berasal dari Gateway Pundit, yang dikenal dengan situs penyebaran berita palsu. Sebelumnya diketahui kalau situs itu baru saja diperkenalkan pada bulan laku untuk mengetahui situasi terkini pada asat adanya bencana.

FB
Copyright©bandt

“Pusat Operasi Keamanan Global kami melihat posting pagi ini dan kami telah menghapusnya. Namun, penghapusan mereka tertunda sehingga memungkinkan mereka untuk ditangkap dan diedarkan secara online,” kata juru bicara Facebook dikutip Engadget, Selasa (3/10/2017).

BACA JUGA : Akhirnya, Jaket Pintar Besutan Google dan Levis Resmi Dijual!

Pada saat ditanya mengapa dalam algoritma pada Crisis Response dan News Stories tidak berhasil dalam menangkap sejumlah informasi yang relevan, salah satunya adanya kabar hoax mengenai teror Las Vegas ini. Pihak FB menjawab kalau sedang memperbaiki masalah.

WAJIB BACA :  Developer Game Bisa Cari Uang Lewat FB Messenger!

“Kami berusaha memperbaiki masalah ini dan sangat menyesal atas kebingungan ini,” ungkap mereka.

Sedangkan Google sendiri algoritmanya juga telah kecolongan terkait dengan teror Las Vegas. Perusahaan yang bertempat di Mountain View ini kecolongan pada saat adanya informasi hoax di Google News.

“Sayangnya, pagi ini kami menemukan situs 4chan yang tidak akurat di hasil penelusuran kami. Dalam beberapa jam, cerita 4chan secara algoritma digantikan oleh hasil yang relevan. Kami akan melakukan perbaikan algoritma untuk mencegah hal ini terulang di masa mendatang,” ujar Google.

BACA JUGA : Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google Hadirkan 19 Kegembiraan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here