Tips Lolos Seleksi Kompetensi CPNS KemenkumHam 2017!

0
518
CPNS KemenkumHam
Copyright ©kabar24

Tips Lolos Seleksi Kompetensi CPNS KemenkumHam 2017!

Indowarta.com – Tahap awal jika ingin lolos tentunya bagi seorang pelamar haruslah merampungkan serangkaian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang telah ditetapkan sebelumnya. Setelah melewati seleski cukup ketat mulai dari seleksi administrasi hingga kompetensi dasar, pelamar pun bisa melihatnya melalui laman resmi CPNS KemenkumHam yakni cpns.kemenkumham.go.id.

Dari pengumuman yang terdapat dalam laman kemenkumham.go.id tanggal 20 September 2017 menyatakan sebanyak 9.639 peserta lolos SKD. Peserta yang lolos tahap tes SKD tersebut diperbolehkan mengikuti seleksi tahap berikutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Jadwal pelaksanaan SKB sendiri akan telah diumumkan pada Rabu, 4 Oktober 2017 dan dapat dilihat melalui situs resmi CPNS KemenkumHam. Informasi sendiri disampaikan melalui unggahan resmi video Youtube Kemenkumham berjudul ‘Tanya Jawab Seputar #PejuangCPNS Episode 3’. Dikatakan dalam video itu bagi peserta yang lolos SKD diharapkan untuk mengikuti seleksi selanjutnya yakni SKB dengan sistem Commputer Assisted Test (CAT) dan wawancara.

Sedangkan untuk pelamar dengan jabatan khusus pengelola Teknologi Informasi dapat melakukan SKB melalui praktek komputer dan wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 hingga 13 Oktober 2017 di masing-masing provinsi. Penentuan kelulusan seleksi CPNS KemenkumHam yang satu ini didasarkan pada penguasaan dan pengetahuan terhadap masing-masing jabatan.

 CPNS KemenkumHam
Copyright ©kuparan

Kemudian untuk hasil tes sendir akan langsung terlihat setelah menyelesaikan ujian SKB. Jika nantinya nilai Anda rendah pada tes SKB, maka tak perlu khawatir karena masih ada tahapan selanjutnya yakni wawancara. Tes wawancara sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 16 hingga 19 Oktober 2017 bertempat di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Sejumlah hal pun perlu diperhatikan sebelum melaksanakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk lembaga Kemnkumham ini. Berikut ini tips supaya lolos menghadapi SKB :

– Latihan
Sebelum hari dimana akan melakukan seleksi sebaiknya gunakan waktu Anda untuk berlatih ataupun memperdalam materi bidang yang dilamar. Semakin banyak persiapan maka akan semakin mduha untuk menghadapi tes.

– Menjaga Kesehatan
Kondisi tubuh fit saat hari H sangatlah mendukung karena tahap ini akan dilakukan dengan pengamatan fisik dan keterampilan. Panitia sudah siapkan penguji fisik dan untuk keterampilan yang akan diuji ialah kemampuan masing-masing peserta.

– Persiapan Mental
Mental diperlukan dalam tahap ini karena meskipun telah mempelajari materi jika tak mempunyai mental tentu akan lebih sulit. Caranya yakni dengan menumbuhkan percaya diri serta mengontrol rasa takut ataupun gugup sata mengerjakan soal-soal CAT dan wawancara.

– Meminta Doa pada Orang Tua
Hal satu ini tak kalah pentingnya sebelum melaksanakan seleksi tahap selanjutnya CPNS KemenkumHam. Pastinya doa restu orang tua serta keluarga dekat akan memotivsi Anda untuk bsia mengerjakan tes dengan baik.

Baca juga : Cara Mencetak Kartu CPNS Kemenkumham 2017!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here