Berita Terkini : Gempa Magnituda 6.6. SR Hantam Ternate, Akibatnya Puluhan Rumah Jadi Hancur !

0
824
gempa magnitudo Ternate

Berita Terkini : Gempa Magnituda 6.6. SR Hantam Ternate, Akibatnya Puluhan Rumah Jadi Hancur !

Indowarta.com- Badan Meteorologi, Klimatolog, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa magnitudo telah mengguncang wilayah Maluku Utara pada pukul 02.15.14 WIB. Gempa yang berkekuatan 6,6 skala Richter tersebut terjadi karena adanya tumbukan lempeng tektonik.

Berdasarkan informasi dari Humas BMKG yakti Taufan Maulana pada hari Rabu 8 Juni 2016 menyebutkan bahwa dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa magnitudo Ternate yang terjadi memiliki mekanisme sesar naik atau thrust fault.

Pusat gempa magnitudo Ternate sendiri terletak pada titik koordinat 1,35 lintang utara dan 126,41 bujur timur. Pusat gempa tepatnya terletak di laut pada jarak sekitar 126 kilometer arah barat laut Kota Ternate atau pada jarak 131 kilometer arah timur Kota Bitung dengan kedalaman mencapai 58 kilometer.

gempa magnitudo Ternate

Gempa magnitudo Ternatei yang terjadi merupakan jenis gempa bumi tektonik dengan hiposenter dangkal. Jika diperhatikan lebih lanjur, letak episenter gempa bumi, telihat bahwa pusat gempa bumi yang terjadi berasosiasi dengan zona akumulasi tegangan akibat aktivitas dari penekanan atau kompresi lempeng tektonik.

Dorongan lempeng laut Filipina dari arah tumur (Busur halmahera) dan dari arah barat lempeng Eurasia (busur Sangihe) yang telah menekan ke timur secara relatif hingga timbul medan tegangan pada zona penggunungan Mayau.

Akibatnya adalah terbangunnya zona kompresi di bagian tengah Lempeng Laut Maluku sehingga kawasan Pulau Mayau dan sekitarnya sangat rawan akan gempa bumi dengan penyesaran naik.

Implikasi sistem tektonik ini menjadikan aktivitas seiemisitas di zona Penggunungan Mayau sangat tinggi dan terjadi pada kedalaman dangkal kurang dari 60 kilometer.

Data sementara ini gempa tersebut telah menyebabkan puluhan rumah mengalami kerusakan ringan hingga berat di sejumlah kelurahan di Ternate. Kerusakan terjadi di kelurahan Mayau dan kelurahan Kelewi Kecamatan Batang Dua. Kota Ternate. Sebanyak 18 rumah dan 1 gereja dinyatakan mengalami kerusakan.

Terdapat3 rumah rusak berat di klurahan Kelewi. 1 rumah rusar berat dan 14 unit rusak ringan dan juga 1 gereja rusakk di kelurahan Tifure.

baca juga :

Berita Terkini : Karena Tabrak Batu Kecil, Bus Transjakarta Ini Terguling Di Warung Buncit, Ragunan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here