Keuntungan Indonesia Jika Punyai Kapal Pesiar Seperti Singapura!

0
189
Kapal Pesiar
Copyright©klimg

Keuntungan Indonesia Jika Punyai Kapal Pesiar Seperti Singapura!

Indowarta.com– Indonesia ini adalah negara maritim dengan lebih dari 17 ribu pulau serta daya tarik wisata yang tidak terhitung lagi jumlahnya. Namun Nusantara yang indah ini sama sekali masih belum memiliki pelabuhan kapal pesiar.

Baca Juga Cikarang Akan Setara dengan Tokyo Sampai Las Vegas Karena Meikarta?

Presiden Joko Widodo ini mengaku heran dibuatnya. Jokowi di dalam Rakernas Kadin 2017 pada hari seasa 3 Oktober 2017 ini telah mengatakan “Kita ini negara kepulauan, tapi kita enggak punya terminal cruise, yacht. Bagaimana kapal pesiar mau datang ke kita? Suruh parkir di mana? Di Ciliwung?”.

Jokowi menyebutkan bahwa salah satu efeknya adalah jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia ini masih kalah dari beberapa negara tetangga. Padahal Tanah Air ini memiliki destinasi kelas dunia seperti Danau Toba, Wakatobi, Borobudur, dan juga Gunung Bromo.

Kapal Pesiar
Copyright©kompas

Setelah mengunjungi Singapura, Jokowi mengaku bahwa dirinya langsung memberikan perintah kepada para menterinya untuk segera membangun dermaga kapal pesiar. Di dalam dua tahun ini, target yang telah ditetapkan adalah sebanyak 10 dermaga kapa pesiar akan terbangun.

Beberapa kapal pesiar yang berukuran besar ini memanglah telah merapat terlebih dahulu di Negeri Jiran. Pada bulan Oktober 2009, Negeri Singa ini bahkan telah membangun salah satu pelabuhan terbesar di Asia yakni Marina Bay Cruise Centre Singapore (MBCCS).

Tiga tahun kemudian tepatnya pada tanggal 22 Oktober 2012, MBCCS ini telah diresmikan, melengkapi pelabuhan Harbour Front yang secara geografis ini tidak lagi maksimal untuk menjadi tempat bersandar beberapa kapan pesiar yang berukuran besar.

Baca Juga Apa yang Kamu Dapatkan Jika Pindah ke Meikarta?

Marina Bay Cruise Centre Singapore ini telah menempati lahan yang memiliki luas 28 ribu meter persegi atau setara dengan tiga lapangan. Bangunan ini memiliki arsitektur yang unik dan juga dilengkapi dengan ruan kedatangan dan ruang keberangkatan yang luas dan akan bisa menampung sebanyak 6.800 penumpan sekaligus.

Tidak hanya Joko Widodo saja, Director of Cruise Singapore Tourism Board yakni Annie Chang juga berharap agar nantinya Indonesia memiliki pelabuhan kapal pesiar.

baca juga : 

PLN Terancam Gagal Bayar Utang!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here