Berbagai Hal yang membuat Gugur Tes CPNS!

0
313
Tes CPNS
Copyright ©liputan6

Berbagai Hal yang membuat Gugur Tes CPNS!

Indowarta.com Tes CPNS yakni pada bagian administrasi telah di lalui dan berikutnya peserta menghadapi tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Namun hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2017 di instasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manunia (Kemenkumham) dibawah harapan.

Dari jumlah keseluruhan peserta tes CPNS yakni ratusan ribu, hanya sekitar 70 persen yang lulus tes SKD. Terkait hasil ini juga diungkapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana.

Dia memprediksi jika rata-rata peserta yang gagal atau gugur dalam tahap seleksi tes kompetensi bidang (SKB) karena mereka gagal dalam tes intelejensi umum ataupun tes wawasan kebangsaan. Menurut Bima tes intelejensi umum tersebut bukanlah matematika melainkan tes IQ.

‘Peserta biasanya bnyak yang gugur dalam dua tes yakni tes intelejensi umum serta tes wawasan kebangsaan. Untuk tes intelejensi umum bukanlah matematika melainkan tes IQ’ ujarnya saat ditemui di Kantor BKN, Jakarta Timur pada Jumat, 6 Oktober 2017.

Tes CPNS
Copyright ©liputan6

Bima menambahkan jika dalam pengalaman tes CPNS tahun 2014, peserta banyak yang tidak lulus ketika memasuki tes wawasan kebangsan. Namun meskipun begitu saat ini tes tersebut terus mengalami kemajuan yang cukup signifikan. ‘Jika dilihat yang belajar dan lulus tes wawasn kebangsaan lebih bagus sekarang ini. Boleh saja bimbel, yang tidak boleh itu kecurangan bayar calo. Jika ketahuan maka saya menginginkan untuk di blacklist seumur hidup’ ujarnya.

Terkait hal tersebut Bima sendiri memberikan saran supaya peserta CPNS 2017 lebih melatih diri mereka mengenai wawasan kebangsaan. Hal itu karena tes tersebut menjadi salah satu penentu lulus atau tidaknya peserta mengikuti uji seleksi calon pegawai pemerintah.

Sementara itu bisa dikatakan hasil tes CPNS Kemenkumham kali ini tidak memuaskan. Padahal kementerian ini membutuhkan formasi penting yakni petugas lapas dan penjaga daerah perbatasan. Jumlah peserta yang lolos SKD dinilai kurang untuk kelulusan SMA dan D3.

Bima sendiri menyampaikan untuk memenuhi kuota SKD, Kemenkumham meminta Pansel CPNS 2017 untuk mengubah persyaratan yang berdapak pada perubahan Peraturan Menpan-RB Nomor 22/2017. Lantas Pansel CPNS pun langsung mengambil kebijakan untuk memenuhi kuota peserta SKB dengan menggabungkan dua sistem yakni passing grade dan rangking. Namun kebijakan tak berlaku untuk daerah yang kuotanya sudah terpenuhi seperti Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Baca juga : Tips Lolos Seleksi Kompetensi CPNS KemenkumHam 2017!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here