Pil KB Bikin Gemuk, Fakta atau Mitos?

0
1274
Kanker Payudara
Copyright©mommiesdaily

Pil KB Bikin Gemuk, Fakta atau Mitos?

Indowarta.com Pil KB merupakan alat kontrasepsi yang dinilai cukup tepat untuk menunda kehamilan. Namun banyak orang yang enggan menggunakannya karena adanya anggapan kalau obat tersebut akan dapat bikin gemuk. Namun, apakah anggapan itu benar? Atau hanya sekedar mitos?

BACA JUGA : Pil KB Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara?

Sejak dikeluarkannya pada tahun 1960-an, banyak perdebatan mengenai efek terhadap perubahan berat badan dari pil KB Ini. Bahkan sejumlah dokter dan tenaga media menyatakan kalau mereka setuju jika obat tersebut dapat memberikan efek gemuk pada badan penggunanya.

Akan tetapi, anda tidak perlu cemas, lantaran pil KB yang dimaksudkan itu merupakan pil ‘generasi pertama’ yang masih belum mendapatkan pegembangan dalam dunia medis. Menurut para ahli, pil generasi pertama itu mengandung hormon estrogen yang cukup tinggi.

Sehingga dengan itu dapat menyebabkan retensi cairan – penumpunan sejumlah bagian tubuh – serta juga dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Oleh karena itu, kedua hal tersebut dapat meningkatkan berat badan seseorang.

pil kb
Copyright©alodoter

Sedangkan pada tahun 2011 lalu, para peneliti dari Gothenburg University di Swedia melakukan penelitian mengenai hubungan pil KB dengan berat badan para ibu. Dalam penelitian itu melibatkan 1.400 wanita subur yang menggunakan pil tersebut untuk jangka waktu yang cukup panjang.

BACA JUGA : Deretan Wanita yang Berisiko Terkena Kanker Serviks!

Pada akhir penelitian, diketahui bahwa tidak ada hubungan antara pil KB dengan kenaikan berat badan para wanita tersebut. Kenaikan berat badan ini hanya dialami oleh para wanita yang usianya sudah 45 tahun. Namun hal itu terjadi bukan karena pil ini, melainkan karena adanya perubahan funsi tubuh secara alam.

Tidak cukup itu, dari 44 studi lainnya juga sudah menyatakan kalau pil KB dapat menyebabkan kegemukan itu merupakan mitos. Dari sejumlah studi tersebut, para wanita menggunakan pil ini untuk menunda kehamilannya dan mereka tidak mengalami kenaikan berat badan.

Walau sekarang ini kadungan hormone pada pil KB lebih rendah jika dibandingkan dengan generasi pertama, namun penggunaannya tetap memeberikan efek pada masing-masing wanita. Mungkin ada beberapa wanita yang telah mengalami kenaikan berat badan akibat dari pil KB, namun hal tersebut terjadi karena retensi cairan yang mungkin dialami oleh wanita itu.

BACA JUGA : Himbauan untuk Wanita Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here