Ketika Sosok Bagong Kussudiardja Hadir di Laman Google Hari Ini!

    0
    270
    Bagong Kussudiardja
    Copyright ©Tribunnews

    Ketika Sosok Bagong Kussudiardja Hadir di Laman Google Hari Ini!

    Indowarta.com – Jika hari ini Anda membuka laman pencarian Google, maka akan terlihat satu hal yang berbeda. Ya, google kembali mengangkat tokoh asal Indonesia sebagai doodle di laman utama mesin pencarinya.

    Kali ini dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-89 dari Bagong Kussudiardja yang lahir pda 9 Oktober 1928 di Yogyakarta. Mungkin sebagian besar masyarakat masih asing saat mendengar nama Bagong. Nah berikut ini penjelasan seputar pria yang kini menjadi Google Doodle tersebut.

    Bagong Kussudiardja adalah seorang koreografer sekaligus penulis kenamaan yang digelari sebagai begawan seni Indonesia. Karyanya tak hanya dikenal baik di dalam negeri, namun juga di luar negeri. Sosok kartunnya dalam doodle digambarkan tengah duduk di kursi sembari menggenggam kuas cat.

    Baca Juga Amalia Hernandez Hadir di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

    Di latar belakang ada lukisan para penari beraneka kostum yang melompat dengan gembira, agaknya terinspirasi dari beberapa karya Bagong sendiri.

    Google Doodle
    Copyright ©Google

    Diketahui Baging mengawali kariernya sebagai seorang penari Jawa klasik di Yogyakarta pada tahun 1954. Ia merupakan anak kedua dari empat bersaudara dan mulai berkenalan dengan seni melalui Sekolah Tari Kredo Bekso Wiromo, yang dipimpin oleh Pangeran Tedjokusumo, seniman tari ternama.

    Pria yang akrab disapa Romo Gong ini rupanya juga memiliki darah bangsawan yang ia peroleh dari sang kakek, yakni Gusti Djuminah, yang katanya merupakan putra mahkota Sultan HB VII. Namun lantaran membelot, Gusti Djuminah terpaksa harus menjalani hukuman kurantik atau pengasingan.

    Bagong Kussudiardja juga berlatih tari Jepang dan India, llu ia juga belajar koreografi dengn koreografer legendaris Martha Graham di Amerika Serikat pada 1957 hingga 1958.

    Baca Juga Sir John Cornforth Hadir di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

    Bekal itu kemudian dipakai mengembangkan tari tradisional di kampung halaman. Bagong mendirikan Pusat Pelatihan Tari Bagong Kussudiardja pada tahun 1958, kemudia Padepokan Seni Bagong Kussudiardja pada 1978 di Bantul Yogyakarta.

    Padepokan seni itu bebas dikunjungi oleh masyarakat umum dan menjadi lokasi salah satu adegan dalam film Ada Apa dengan Cinta 2 yang ditayangkan di bioskop pada 2016 lalu.

    Di samping aktif dalam koreografi, Bagong juga dikenal dengan lukisan batiknya yang menggunakan berbagai gaya lukisan. Sang seniman multi-talenta ini tutup usia pada tahun 2004.

    Baca Juga Asima Chatterjee, Sosok yang Muncul di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here