Ratusan Ribu Warga Protes Catalonia Merdeka dari Spanyol!

0
171
Demonsrasi di Barcelona, Spanyol (1)
Copyright©Reuters

Ratusan Ribu Warga Protes Catalonia Merdeka dari Spanyol!

Indowarta.com – Ratusan ribu warga Spanyol menggelar demo di Barcelona pada Sabtu (7/10/17) hingga Mingggu. Aksi demonstrasi yang sudah dilakukan oleh sejumlah warga tersebut untuk menentang adanya rencana wilayah Catalonia akan menyatakan kemerdekaan. Pada kesempatan itu, juga terlihat para politikus dan pesohor Spanyol telah berpidato dihadapan massa.

BACA JUGA : Catalonia Akan Segera Proklamasikan Kemerdekaan Dalam Hitungan Hari!

Salah satu diantara mereka yang memberikan sambutan kepada para pemotres itu adalah mantan menteri asal Catalonia, Josep Barrell, pihaknya menyatakan kalau warga Catalonia perlu untuk berfikir rasional, hal ini terkait dengan adanya rencana kemerdekaan yang akan dilakukan oleh wilayah tersebut.

Sedangkan Mario Vargas Llosa menyatakan, tidak ada suatu gerakan kemerdekaan yang dapat memberikan berdampak  pada kehancuran kehidupan demokrasi di Spanyol. Domantrasi yang dilakukan di Barcelona ini menyusul adanya rapat yang telah digelar oleh gerakan kemerdekaan untuk Catalonia.

Demonsrasi di Barcelona, Spanyol (1) (1)
Copyright©Reuters

Sejumlah pihak yang memberikan dukungan terhadap kemerdekaan wilayah itu menegaskan, hasil referendum pada pekan lalu yang menjadi persoalan wajib untuk dipatuhi. Hasil akhir dari referendum dikawasan Spanyol timur laut menyatakan, dari total pemilih 2,3 juta ada 90 persen yang menginginkan kemederkaan Catalonia dari Spanyol.

BACA JUGA : Catalonia Tetap Deklarasikan Kemerdekaan Meski Ditolak Spanyol!

Adanya referdum ini sudah menimbulkan sejumlah klaim penyimpangan, Hal ini karena adanya kontak suara dari beberapa tempat yang sudah diamankan oleh kepolisian Spanyol. Pihak dari Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengatakan, deklarasi kemerdekaan tersebut tidak akan memiliki arti.

“Pemerintah akan memastikan bahwa deklarasi kemerdekaan tidak akan mengarah ke mana-mana,” ungkap Rojoy saat wawancara dengan media setempat, El Pais.

Pada saat ditanya terkait dengan kesiapannya dalam mencabut Pasal 155 Konstitusi Spanyol yang dapat memungkinkan untuk parlemen turun tangan, pihaknya enggan menampik adanya kemungkinan pembekuan otonomi Catalonia tersebut.

“Saya tidak mengesampingkan apapun selama sesuai dengan koridor hukum,” ungkap dia.

Sedangkan parlemen Catalonia sudah mengagendakan akan melakukan pembahasan dari hasil referendum tersebut. Kemungkinan kalau hal itu akan dilakukan pada tanggal 10 Oktober mendatang.

Baca juga : Serangan Las Vegas Termasuk Penembakan Massal Terbesar dalam Sejarah AS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here