Sel Kanker Punya Kemampuan Untuk menipu Tubuh?

0
404
Sel Kanker
Copyright©klimg

Sel Kanker Punya Kemampuan Untuk menipu Tubuh?

Indowarta.com– Sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa sel kanker ini sangatlah cerdas. Tidak hanya bisa berpura-pura untuk mati dan kemudian bangkit lagi, sel kanker ini ternyata juga memiliki kemampuan Avoiding Immune Destruction. Hal ini berarti bahwa sel kanker ini memiliki kecerdasan untuk menipu tubuh kita agar tidak mengeluarkan sistem imun.

BACA JUGA : Kandungan Dalam Bawang Merah Ternyata Mampu Mencegah Kanker!

Seperti yang sudah diketahui bahwa sistem Imun ini telah memiliki banyak fungsi. Salah satu fungsinya adalah untuk menghancurka sel kanker.

Hal tersebut telah diungkapkan di dalam sebuah acara talk show “Pemeriksaan PD-L1 untuk Terapi Imunoterapi pada Kanker Paru” yang sudah digelar di Jakarta Pekan ini. Spesialis Patologi Anatomi dari RSK Dharmais, dr. Evalina Suzana  telah menjelaskan” Kalau mau terkena infeksi atau flu, biasanya badan kita demam. Mau kena tifus pun, badan kita demam. Sistem imun tubuh menciptakan demam dengan maksud memberi tahu otak bahwa ada sesuatu yang tidak beres di tubuh. Baru kemudian muncul gejala-gejala tambahan”.

WAJIB BACA :  Malas Gosok Gigi, Kanker Mengintai?
Sel Kanker
Copyright©lihat

Yang menjadi masalah adalah kanker ini tidak memiliki gejala. Biasanya baru bisa diketahui pada saat kanker sudah menginjak stadium 3 ataupun stadium 4 yang tentu saja hal ini sudah sangat terlambat. Hal ini bisa terjadi karena sel kanker ini telah memiliki kemampuan untuk bisa mengelabuhi sistem imun tubuh kita. Evalina telah mengatakan bahwa sel kanker tersebut akan bisa menipu sistem imun kita sehingga nantinya tidak bisa membaca keberadaan mereka.

baca juga : Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Kanker Kulit Melanoma!

Evaina telah menjelaskan “Tubuh kita memiliki sel T, yakni sel imun. Ia memiliki program cell death. Jadi, ketika ada sel asing yang masuk atau tercipta di dalam tubuh, sel T mendeteksi, menghampiri sel asing ini, lalu menciptakan program kematian sel untuk membunuhnya. Masalahnya, sel kanker punya ligand yakni berfungsi menutup atau mengeblok sel T sehingga sel T tidak bisa membaca keberadaan sel kanker,”.

WAJIB BACA :  Malas Gosok Gigi, Kanker Mengintai?

Mencegah memanglah lebih baik dari pada mengobati. Oleh sebab itu, jika memang terasa ada yang tidak biasa di dalam tubuh kita, sebaiknya periksakan ke dokter.

baca juga : 

Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Kanker Mulut!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here