Fridtjof Nansen, Penjelajah Sekaligus Ilmuwan yang Nongol di Laman Google Doodle Hari Ini!

    0
    169
    Fridtjof Nansen
    Copyright ©tribunkaltim

    Fridtjof Nansen, Penjelajah Sekaligus Ilmuwan yang Nongol di Laman Google Doodle Hari Ini!

    Indowarta.com – Kali ini laman Google kembali menampilkan sosok garang lengkap dengan kumis garangnya. Pria yang juncul di Google Doodle ialah Fridtjof Nansen seorang penjelajah sekaligus ilmuwan.

    Fridtjof Nansen lahir tanggal 10 Oktober 1861 dan meninggal 13 Mei 1930 ketika usianya menginjak 63 tahun. Dia merupakan seorang penjelajah, ilmuwan, diplomat, humanitarian dan juga penerima Nobel Perdamaian Norwegia. Ia juga pernah menjadi juara ski dan selancar es lintas negara pada masa mudanya.

    Dia pun menjadi terkenal karena mencapai rekor ketinggian dalam ekspedisi yang dilakukannya di kutub utara. Nansen sendiri juga belajar ilmu zoologi di Universitas Kerajaan Frederick di Christiania yang kini telah berganti nama menjadi Olso sejak 1925. Kemudian ia bekerja sebagai ekuator di Museum Bergen dan disitulah peneletian mengenai sistem pusat pada makhluk-makhluk laut membuatnya meraih gelar dokerndes serta membantu pendirian sejumlah teori neurologi modern.

    Baca juga : Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google Hadirkan 19 Kegembiraan!

    Setelah itu sekitar tahun 1896, peminatan saintik utamanya beralih ke oseanografi. Dalam rangka risetnya, Fridtjof Nansen membuat sejumlah penjajab saintifik yakni utmanya di Atlantik Utara dan ia pun juga berjasa dalam pengembangan peralatan oseanografi modern. Selain itu Nansen juga sebagai salah satu yang mendorong Pangeran Carl dari Denmark untuk menerima tahta dari Norwegia yang baru merdeka. Ia pun menjabat sebagai Perwakilan Norwegia di London guna membantu negosiasi Trakat Integritas yang memandu status kemerdekaan Norwegia pada tahun 1906 dan 1908.

    Fridtjof Nansen
    Copyright ©tribuntimur

    Pada akhir hidupnya, Nansen mencurahkan kemampuanya pada Liga Bangsa-Bangsa dan ia diangkat menjadi Komisioner Tinggi Liga untuk pengungsi pada tahun 1921. Kemduian ia dianugerahi Nobel Perdamaian atas karyanya menengahi para korban terusir dari perang Dunia Pertama dan sejumah konflik di dalamnya tahun 1922.

    Salah satu pemikirannya ialah ‘Paspor Nensen’ bagi orang-orang tak bernegaga dan sertifikat ini diakui oleh lebih dari 50 negara. Dia akhir hayatnya ia bekerja menengahi para pengungsi hingga ia akhirnya meninggal secara mendadak tahun 1930.

    Baca juga : Asima Chatterjee, Sosok yang Muncul di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

    Nensen kecil sendiri tinggal di daerah pedesaan Sore froen. Ketika musim panas singkat kegiatan utamanya ialah memancing. Pada musim gugur paruh waktunya digunakan berburu dihutan dan pada musim dingin ia menggunakannya untuk bermain ski.

    Fridtjof Nansen sendiri juga dihormati oleh sejumlah negara. Namanya dikenang dalam sejumlah fitur geografi terutama dikawasan kutub.

    Baca juga :
    Ketika Sosok Bagong Kussudiardja Hadir di Laman Google Hari Ini!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here