Uji Coba Soal Rapor Ganda Dari Kemendikbud!

0
174
Berita Terkini: Secercah Harapan Menteri Pendidikan Saat peringati Hari Guru Nasional Hari Ini !
Copyright©tempo

Uji Coba Soal Rapor Ganda Dari Kemendikbud!

Indowarta.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan segera melakukan uji coba rapor ganda dalam waktu dekat. Kemendikbud akan melakukan di sejumah daerah yang mereka nilai dinamis mengikuti perkembangan pendidikan selama ini.

Mengenai hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. ‘Semoga saja rapor ganda ini bisa di uji coba pada tahun ini’ ujarnya saat ditemui usai mengikuti Lokarya Nasional Majelis Nasional Pendidikan Katolik (MNPK) di Malang, Jawa Timur pada Jumat, 6 Oktober 2017.

Muhadjir menambahkan saat itu jika uji coba rapor ganda akan dilakukan oleh Kemendikbud di sejumlah daerah. Ada sejumlah daerah yang di proyeksikan menjadi contoh dan salah satunya ialah Kota Malang.

Baca juga : Berita Terkini: Kemendikbud Pastikan UN SMP 2017 Siap Dilaksanakan!

Menurut mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu rapor ganda yang bakal diujicobakan pada tahap awal dengan membidik siswa Sekolah Dasar (SD) dan akan direalisasikan pada tahun 2017 ini. Kemudian setelah berhasil akan berlanjut ke jenjang pendidikan SMP dan SMA/SMK.

Kemendikbud
Copyright ©nasional

Selaian itu Muhadjir mengatakan jika bentuk rapor tersebut oleh Kemendikbud akan lebih disederhanakan. Di dalamnya nanti juga ada bentuk baru yang digunakan untuk mengisi sejumlah item penting seperti rekam perkembangan serta kepribadian siswa. Dia mengatakan jika rapor ganda yang ditetapkan ini nantinya akan lebih mengarah ke pribadi siswa.

‘Rapor ganda ini nartinya akan lebih banyak mengarah ataupun menyentuh ke budi pekerti, capaian ekstrakulikuler dan lain sebagainya‘ ujar Muhadjir.

Pada jenjang SD dan SMP akan mengarah ke kepribadian siswa. Namun berbeda pada jenjang SMA/SMK yang nantinya banyak mengarah kepada bobot kompetensi. Muhadjir sendiri akan memproyeksikan Kota Malang untuk rapor ganda ini karena ia menilai kota Apel itu menjadi yang paling dinamis dalam menerima sejumlah hal yang berkaitan dengan pendidikan.

‘Kemendikbud memilih Kota Malang yanag akan diproyeksikan, hal itu karena kota ini dinilai paling dinamis menerima reformasi pendidikan. Maka saya sendiri sangat yakin jika Malang siap menerima serta siap melakukan uji coba rapor ganda yang menjadi rencana Kemendikbud’ ujarnya.

Dalam rapor ganda ini sendiri terdiri dari rapor akademik dan rapor kepribadian. Rapor ini bisa dikatakan dapat mencatat semua kegiatan siswa secara rinci seperti anak tidak pernah masuk ke gereja dengan anak yang sering ke gereja serta siswa yang rajin dan siswa yang diam.

Baca juga : Posisi Sulit NU dan Muhammadiyah Dalam Polemik Soal Full Day School!

Sementara itu dalam lokarya MNPK nasional itu, Kemendikbud akan merevisi program Guru Garis Depan (GGD) yang saat ini diterapkan di wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tetinggal). Muhadjir mengatakn jika guru GGD merupakan para sarjana garis depan dan program ini merupakan salah satu diantara empat program pemerataan pendidikan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Baca juga : Kemendikbud Beberkan Kabar Miring Soal Pendidikan Agama Akan Dihapus!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here