Penjelasan Ahli Soal Makam Berdarah di Balikpapan!

0
336
makam berdarah
Copyright ©HARIANRIAU

Penjelasan Ahli Soal Makam Berdarah di Balikpapan!

Indowarta.com – Belum lama ini sebuah makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bukit Damai Sentosa Sungainangka, Balikpapan, Kalimantan Timur membuat warga geger. Kabarnya makan tersebut mengeluarkan cairan darah. Benarkah?

Menurut penjelasan Pakar Ilmu Tanah Universitas Hasannudin, Rismaneswati, kabar makam berdarah itu tidak benar. Dia mengatakan, mungkin saja makan itu memang mengeluarkan cairan berwarna merah, namun itu hanya air dan bukan darah seperti yang dianggap warga.

“Tidak mungkin ada hal-hal seperti itu, orang meninggal saja darahnya tidak ada,” ujar Risma.

Baca Juga Isak Tangis Sanak Keluarga Di Area Pemakaman Dr Ryan Thamrin di Pekanbaru!

Risma juga mengatakan, kalau bisa jadi tanah di lokasi tersebut mengandung zat besi yang sangat tinggi. Tanah yang mengandung zat besi tinggi memungkinkan tanah itu mengeluarkan cairan berwarna merah lantaran ada kandungan besinya.

“Mungkin warna kemerahan bisa berasal dari zat logam atau besi. Jadi tanah berwarna kemerahan itu karena kandungan besi cukup tinggi maka ada proses pencucian dan air yang mengalir berwarna merah.

Makam Keluarga Darah
Copyright ©oborislam

Selain itu Risma juga menerangkan, kalau dalam tanah banyak sekali unsur senyawa-senyawa. Jadi bukan hal aneh jika tanah mengeluarkan warna seperti merah atau kuning. “Seperti tanah yang banyak kandungan sulfat atau belerang, itu kan bisa warnanya jadi kuning,” ujarnya.

Hebohnya makam berdarah ini membuat masyarakat penasaran dan berbondong-bondong ke makan untuk melihat peristiwa aneh tersebut. dari sejumlah postingan di media sosial, terliht makam tersebut mengeluarkan cairan merah seperti darah. Jenazah yang berda di makam tersebut baru saja dimakamkan pada 15 September 2017 lalu.

Sementara itu, menurut pengakuan penjaga makam, Rusian, makam tersebut telah mengeluarkan cairan merah seperti darah sejak empat hari lalu. sedangkan makam itu merupakan makam milik seorang wanita yang meninggal di usianya yang ke-69 tahun.

Baca Juga Panglima TNI Gatot Nurmantyo Sebut TNI Tak Akan Lupa Sejarah ketika Ziarah ke Makam Soeharto!

Bahkan Ruslan mengatakan kalau sehabis diguyur hujan kemudian panas lagi, tercium aroma amis yang langsung menyebar. Namun sebelum ada cairan merah, yang keluar duluan cairan berarna kuning. Ruslan mengaku baru pertama kali ini melihat makam berdarah.

Terkait dengan adanya kabar mengenai makam keluarkan darah ini langsung menjadi viral di jagat maya. Tak hanya di media sosial saja, namun foto dan videonya juga telah dibagikan melalui media pesan instan WhatsApp.

Baca Juga Viral, Penampakan Makam Keluarkan Cairan Serupa Darah dan Bau Tak Sedap Ini Jadi Tontonan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here