Jangan Salah, Ini Lho Perbedaan SUV dan MPV!

0
569
SUV, MPV
Copyright©home

Jangan Salah, Ini Lho Perbedaan SUV dan MPV!

Indowarta.com– Masuk di dalam era modern ini, bukan hanya mobil sport utilty vehicle (SUV) saja yang memiliki ground clearance tinggi. Pada saat ini juga masih banyak beredar beberapa mobil multu purpose vehicle (MPV) terbaru yang juga memiliki kaki jenjang seperti SUV.

BACA JUGA : Catat Jadwal Pengiriman Mitsubishi Xpander ke Konsumen!

Styling Design Section C&A Planning and Design Department Product Planning and Development Division Toyota Astra Motor (TAM) Akbar Juniarto telah menjelaskan bahwa MPV yang baru pada saat ini masih banyak dibangung dengan ground clearance tinggi seperti SUV.

Akbar pada beberapa waktu yang lalu telah menuturkan “SUV biasanya di atas 200 mm, tapi saat ini MPV juga banyak (ground clearance tinggi) karena tuntutan daya angkut tujuh orang dan faktor jalan. Jadi jangan salah untuk membedakan mana SUV mana MPV, apalagi saat ini SUV juga ada yang tujuh penumpang”.

SUV, MPV
Copyright©blogspot

Menurut Akbar, sebenarnya SUV ini memanglah memiliki kaki yang tangguh. Namun sebenarnya bukan hanya dilihat dari ground clearance saja, namun juga akan beberapa faktor identik lain yang akan bisa menjadi bahan perbandingan dengan MPV berkaki jenjang.

Akbar telah mengatakan “Bisa dilihat dari profil ban. SUV itu selalu pakai dimensi besar dan tebal, beda dengan MPV. Jadi meski ukuran pelek sama, contoh MPV pakai 15 SUV juga 15, tapi profil ban yang digunakan pasti beda. SUV lebih gemuk”.

BACA JUGA : Xpander Meluncur di Palembang dengan Selisih Harga Sampai Rp 8 Juta!

Hal yang lain yang juga bisa membedakan SUV dan juga MPV ini adalah mengenai penempatan ban cadangan. Pada umumnya ban cadang SUV ini diletakkan di belakang ataupun menggantung di pintu bagasi dan juga kerap diistilahkakan sebagai “konde”. Namun semakin modern ini, memang konsep ini juga akan makin ditinggalkan.

Tentu saja akan terdapat beberapa perbedaan di dalam hal ini. Setiap pelanggan pasti akan memiliki selera yang berbeda beda juga. Mungkin hal ini juga yang telah mendorong perusahaan untuk memproduksi mobil yang lebih bervariatif produknya. Bagaimana dengan selera anda sendiri?

baca juga : 

Mobil Esemka Sudah Bisa Dipesan, Begini Caranya!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here