KKI dan BPJS Kesehatan Pastikan Layanan Rumah Sakit Swasta Bisa Optimal!

0
171
BPJS Kesehatan
Copyright ©arrahmah

KKI dan BPJS Kesehatan Pastikan Layanan Rumah Sakit Swasta Bisa Optimal!

Indowarta.com – Kali ini BPJS Kesehatan dan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) memastikan fasilitas kesehatan rumah sakit swasta akan berjalan maksimal. Ini terihat dari tinjauan yang dilakukan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan , Fachmi Idris dan Ketua KKI, Bambang Supriyanto.

Kedunya meninjau langsung fasilitas kesehatan swasta yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan yakni Rumah Sakit (RS) Pelni Jakarta. Peninjauan ini dilakukan dengan kegiatan kunjungan atau spotcheck dan ini dilakukan dengan tujuan memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mendapat pelayanan sesuai dengan ketentuan yang telah disetujui sebelumnya.

Mengenai hal Direktur Utama RS Pelni Fathema Djan Rachmat juga angkat bicara. Dia mengungkapakan jika program JKN-KIS tak hanya memberikan jaminan kesehatan yang komperhensif kepada masyarakat, namun rumah sakit yang dikelolanya pun juga tumbuh dengan lebih baik lagi. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan fasilitas layanan kesehatan dengan penambahan teknologi terkini di RS Pelni.

Teknologi tersebut misalnya saja sistem pembayaran pelayanan kesehatan casemix yang dapat mempercepat pelayanan pasien. Kemudian ada tunjungan daftar mandiri untuk memperlancar registrasi, administrasi dengan waktu 1-2 menit saja dan bed management untuk sarana informasi pasien.

BPJS Kesehatan
Copyright ©jawapos

Selain itu juga dibuat sistem electonic healthrecord untuk pelayanan aman hingga menunjukan jam pelayanan mulai pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB mulai hari Senin-Sabtu dan menambahkan layanan Poli pada Minggu khusus untuk obgyn, anak-anak dan pasien penyakit dalam. Fathema pun juga mengatakan sejak bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, nilai jasa medik untuk para dokter meningkat hingga 36 persen.

Dia berharap program yang diusung oleh BPJS Kesehatan yakni JKN-KIS dapat terus berjalan karena dinilai benar-benar bermanfaat untuk masyarakat. Sedangkan Fachmi Idris selau Dirut BPJS Kesehatan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh RS Pelni. Menurtnya pelayanan terbaik bukan hanya pelayanan medis saja, namun manejemen rumah sakit untuk mengatur sistem juga sangat perlu. Dengan menejemen baik tentunya akan memudahkan peserta JKN-KIS.

Fachmi pun berharap seluruh fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan baik ditingkat primer maupun lanjutan dapat mengupayakan yang terbaik untuk peserta JKN-KIS. Sedangkan menurut Ketua KKI, Suprayitno pihaknya turut mendukung upaya optimalisasi pelayanan kesehatan dengan program JKN-KIS baik fasilitas maupun tenaga kesehatan.

Baca juga : Penjelasan BPJS Kesehatanm Tentang Ibu Bawa Jenazah Anak Naik Angkot!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here