Berbagai Masalah Gigi Bungsu dan Geraham Sekaligus Cara Mengatasinya!

0
212
Masalah gigi
Copyright©klinik gigi

Berbagai Masalah Gigi Bungsu dan Geraham Sekaligus Cara Mengatasinya!

Indowarta.com – Setelah menginjak usia 21 tahun, biasanya seorang akan mempunyai 32 gigi termasuk gigi geraham dan gigi bungsu. Namun masalah gigi pun sering kali kita dapati ketika proses tumbuhnya gigi geraham bungsu ini.

Sejumlah masalah gigi pun dapat muncul pada masa pertumbuhan ataupun setelah pertumbuhannya. Dikatakan seperti itu karena gigi geraham bungsu merupakan rangkaian gigi yang terakhir tumbuh diantara bagian gigi yang lain dan tidak jarang pula gigi geraham akan terasa begitu sakit.

Hal tersebut karena untuk tumbuh, gigi bungsu harus merobek bagian gusi dan belum lagi potensi tekait masalah arah tumbuh gigi bungsu yang dapat menimbulkan kerusakan. Maka Anda perlu kenali masalah gigi geraham bungsu yang mungkin saja muncul serta tak lupa cara mengatasinya.

WAJIB BACA :  Kunyah Permen Karet, Dapat Memutihkan Gigi Lho!

Berikut sejumlah masalah gigi pada bagian gigi geraham yang mungkin Anda alami dan cara mengatasinya :

1. Gigi Geraham Bungsu Bernanah
Dalam proses munculnya gigi akhir ini tak jarang Anda mengalami masalah gigi bernanah atupun abses gigi. Gigi beranah sendiri bisanya disebabkan oleh beberapa hal yakani mengkonsumsi manis, ataupun kuarng melakukan perawatan gigi. Tak hanya sakit yang akan muncul saat gigi berananah, namun juga gigi bisa mengalami komplikasi.

Masalah gigi
Copyright©merdeka

Selain itu nanah juga bisa menyebar ke area lainnya seperti rahang, leher, kepala hingga tempat lain. Bahkan jika sudah parah bisa mengancam nyawa karena akan membuat gigi infeksi darah atau sepsis. Nanah sendiri muncul karena adanya kantong bakteri pada pulpa gigi atau jaringan akar gigi. Maka dari itu penting untuk melakuan kondsultasi ke dokter jika sudah terjadi hal semacam itu.

WAJIB BACA :  Kunyah Permen Karet, Dapat Memutihkan Gigi Lho!

2. Gigi Geraaham Bungsu Impaksi
Kasus impaksi sendiri lebih sering terjadi pada gigi geraham, meskipun impaksi bisa terjadi pada gigi lainnya. Impaksi sendiri terjadi ketika gigi tidak tumbuh dengan sempurna karena dihalangi oleh gigi lainnya. Hal lain yang bisa menyebabkan impaksi yakni ketidak sesuai antara ukuran gigi dengan rahang.

Impaksi pada gigi geraham ini akan membuat gusi membengkak dan disertai dengan rasa sakit. Hal itu terjadi karena kuman dengan mudah masuk sehingga menyebabkan infeksi. Cara mengatasinya yakni dengan pemeberian obat antibiotik, mengangkat gigi geraham bungsu ataupun melakukan operasi gusi.

3. Gigi Geraham Bungsu Patah
Masalah gigi yang satu ini biasanya terjadi pada gigi yang memang sudah mengalami keruskan seperti keropos. Jika hal ini terjadi segera pergi ke dokter untuk konsultasi dan biasanya dokter akan memberikan saran untuk menyimpan gigi geraham yang patah di dalam susu.

WAJIB BACA :  Kunyah Permen Karet, Dapat Memutihkan Gigi Lho!

Sementara itu gigi geraham sendiri mempunyai fungsi penting untuk mengunyah makanan. Maka dari jika Anda mempunyai masalah gigi jangan ragu untuk pergi ke dokter.

Baca juga : Cara Memilih Sekaligus Merawat Sikat Gigi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here