Usai Ujaran Kebencian, Eggi Sudjana Dilaporkan dengan Pasal Pelecehan Agama!

0
158
Eggi Sudjana
Copyright©toptrending

Usai Ujaran Kebencian, Eggi Sudjana Dilaporkan dengan Pasal Pelecehan Agama!

Indowarta.com Eggi Sudjana sebelumnya dilaporkan ke pihak yang berwajib karena dianggap menebar kebencian. Namun kali ini Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (DPN Peradah) akan mengubah laporannya itu.

Laporan terhadap Pengacara Eggi Sudjana yang semula terkait ujaran kebencian diubah menjadi laporan terkait penodaan agama. Mengenai hal ini juga diuatarakan oleh Ketua DPN Peradah Sures Umar, dia mengatakan jika pihaknya akan menggunakan Pasal 156 a UU KUHP tentang penodaan agama untuk menjerat Eggi.

‘Iya (diubah) dari soal ujaran kebencian menjadi penodaan agama. Laporan itupun kami akan buat bukan atas nama pribadi namu organisasi dan nanti Kamis, 12 Oktober 2017 kali akan langsung membuat laporan ke kepolisian’ ujarnya saat dikonfirmasi melalui telepon pada Selasa, 10 Oktober 2017.

Baca juga : David Bond Bantah Buat Video Hot dengan Wanita Indonesia!

Sures mengatakan pihaknya akan melakukan perubahan pasal menjadi penodaan agama setelah melakukan gelar perkara bersama tiga organisasi lainnnya. Ketiga organisasi tersebut ialah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia, Ikatan Cendikiawan Hindu Indonesia dan Prajaniti Hindu Indonesia.

Eggi Sudjana
Copyright©kompas

Setelah diskusi dilakukan, Sures mengaku pihaknya akan menyimpulkan pasal yang cocok untuk Eggi Sudjana. Pasal untuk pria yang juga menjadi penasehat Presidium Alumni 212 itu tentunya yang berkaitan dengan penodaan agama. Kemudian setelahnya laporan akan disampaikan atau diberikan secara resmi kepada pihak kepolisian pada Kamis, 12 Oktober 2017 mendatang.

Selain itu Sures mengaku tak mempermasalahkan ancaman sanksi kepada Eggi yang hanya 2 tahun kurungan dan berbeda dengan ancaman UU ITE yang bisa mencapai 10 tahun kurnagn penjara. ‘Setelah diskusi kami akan temukan yang pas. Meskipun jeratan hukuman pendek, yang penting kan pembelajarannya. Kami melihat jika dia (Eggi Sudjana) menodakan agama melalui ucapannya dengan jelas’ sambungnya.

Sures mengatakan jika untuk memperkuat penggantian pasal tersebut tak ada bukti khsusus yang akan dibawanya. Dia mengatakan akan membawa bukti yang sebelumnya sempat dibawanya ketika melakukan laporan pertama. ‘Tak ada bukti khusus yang kami bawa. Lebih dari cukup bukti video dan berita dari media daring yang pernah kami bawa pada pelaporan pertama’ sambungnya.

Baca juga : Kronologis Mat Ali Bacok Aceng yang Sulit Diberitahu dengan Perkataan!

Sementara itu Eggi Sudjana sendiri sebelumnya dilaporkan oleh DPD Pradah ke Bareskrim Polri karena dianggap melanggar pasal Informasi dan Transaksi Elektronika (ITE). Kemudian dia juga dilaporakan oleh Aliansi Advokat Nasional ke Polda Metro Jaya karena dianggap menyebarkan ujaran kebencian.

Eggi sendiri dilaporkan terkait dengan video wawancaranya yang mengatakan jika selain ajaran Islam itu bertentangan dengan sila pertama Pancasila. Namun dia membantah jika ucapannya itu bertujuan untuk merendahkan agama selain islam dan ia mengatakan jika hal itu lebih ditujukan kepada Perppu Ormas yang juga baru saja dimunculkan oleh pemerintah Indonesia.

Baca juga : Disebut Bikin Gaduh Umat Beragama, Eggi Sudjana Dilaporkan Ke Polisi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here