Anies-Sandi Segera Dilantik, Amien Rais Tagih Janji Soal Reklamasi!

0
642
Amien Rais
Copyright©Kompasiana

Anies-Sandi Segera Dilantik, Amien Rais Tagih Janji Soal Reklamasi!

Indowarta.com – Pada 16 Oktober 2017 mendatang, Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan dilantik. Dengan itu, keduanya secara resmi akan memegang ibu kota untuk kedepannya.

BACA JUGA : Amien Rais “Bukan Jokowi Atau Ahok yang Dilawan, Tapi , ,”

Terkait denga hal , Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menagih janji kepada pasangan Anies-Sandi terkait dengan reklamasi. Pada awalnya, dia membicarakan panjang-lebar terkait dengan keberatannya mengenai adanya pencabutan moratorium reklamasi.

Tak hanya itu, Amien Rais juga telah menyoroti salah satu proyek yang ada di daerah Jawa Barat. “Jadi, kalau diteruskan, sebentar lagi kita jadi bangsa budak, negara budak,” ungkap Amien Rais di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Kemudian, pihaknya memfokuskan kepada pencabutan reklamasi tersebut. Amien Rais yakin, pada saat kepemimpinan Anies-Sandi, keduanya akan memenuhi janji mereka untuk dapat mengentikan adanya proyek tersebut.

Copyright ©Merdeka

“Makanya, mudah-mudahan gubernur baru dan wakilnya, Pak Anies Baswedan dan Pak Sandiaga Uno, tetap keukeuh memegang janjinya ya. Ditekan siapa pun nggak peduli, mereka juga manusia,” ujar Amien.

BACA JUGA : Sandiaga Uno Pastikan Asma Dewi Bukanlah Tim Pemenangannya!

Sebelumnya diketahui, pemerintah secara resmi telah melakukan pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta. Menurut Amien Rais, adanya hal tersebut menunjukkan kalau pemerintah sudah mengesampinkan kepentingan rakyat. Dia juga menilai, kalau proyek tersebut hanya menguntungkan sejumlah pihak saja, khususnya orang kelas atas.

“Bukan untuk rakyat Jakarta. Seperti saya ini, tidak mungkin akan membeli apartemen atau pertokoan atau perhotelan di Teluk Jakarta,” ujar dia.

Bahkan, pihaknya juga telah mencurigai kalau proyek reklamasi yang berjalan itu hanya untuk kepentingan negara asing, atau bahkan perusahaan asing. Dia beranggapan, kalau proyek itu merupakan perpanjangan China di Indonesia.

Amien Rais menilai, kalau China telah mengincar Teluk Jakarta untuk melakukan pembangunan jalur sutra lautan. Sehingga dengan itu, dia meminta kepada Anies-Sandi untuk menghentikan proyek tersebut.

“Jelas sekali reklamasi subordinat untuk memfasilitasi kepentingan jalan sutra Laut China. Ini jelas untuk kita. Tapi ada seorang tua katakan tidak. Tapi bolehlah, enggak apa-apa,” tutur dia.

BACA JUGA : Catet, Tiga Hal yang Akan Dilakukan Oleh Anies Sandi Setelah Dilantik Jadi Gubernur DKI!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here