Awas, Ini 7 Makanan Perusak Gigi yang Wajib Kamu Hindari!

0
343
Cara Memutihkan Gigi
Copyright©hellosehat

Awas, Ini 7 Makanan Perusak Gigi yang Wajib Kamu Hindari!

Indowarta.com – Kita tentunya sering kali memilih makanan yang baik untuk kesehatan dan salah satunya kesehatan gigi. Namun tak jarang sejumlah makanan perusak gigi juga membuat kita tergiur untuk mengkonsumsinya.

Salah satu makanan perusak gigi ialah permen yang kerap membuat sejumlah masalah digigi misalnya saja gigi berlubang. Selain permen ada pula wine yang dapat membuat gigi menguning dan tak tampak putih berkilau. Namun tahukah kaian diluar dua jenis makanan ini ternyata masih ada sejumlah makanan lain yang jika dikonsumsi secara sering ataupun berlebihan dapat membuat gigi rusak.

Beberapa jenis makanan perusak gigi itu bisa jadi kita konsumsi setiap harinya dan tanpa kita sadari itu menyumbang kerusakan pada gigi. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat menyebabka rusaknya gigi :

– Biji Bunga Matahari (Kwaci)
Biji matahari sendiri merupakan salah satu cemilan yang enak dinikmati ketika tengah santai. Namun asal kalian tau kebiasaan membuka biji dengan cara menggigit cangkangnya ternyata bisa merusak bagian mulut. Seperti yang dikatakan oleh Tyrone Rodriguez, dokter asal Washington itu mengatakan jika seorang pasiennya datang dengan gigi yang retak dan pasien itu mengaku kerap mengunyah kwaci.

Gigi
Copyright ©webkesehatan

– Balok Es
Menurut dokter gogi, Mattew Messina menjelaskan jika es dan gigi terdiri dari kristal. Apabila dua kristal medorong satu sama lain dengan kekuatan yang sama pula maka akan membuat salah satunya retak.

– Minuman Mengandung Perasa
Doltor Rodriguez mengatakan jika sejumlah minuman perasa mengandung asam sitrat yang cukup kuat. Kandunagn itulah yang menyebabkan enamel gigi tererosi.

– Buah Kering
Buah kering sendiri memang banyak akan serat dan vitamin, namun cukup diketahui ketika air ditarik dari buah kandungan gula dan asam yang pekat akan tertinggal. Dan pada proses tersebut akan membuat buah menjadi lengket dan bakteri yang berasal dari pengendapan gula akan merusak enamel gigi dan bisa membuat gigi berlubang.

– Vitamin Kembang Gula
Vitamin yang satu ini memang baik untk tubuh, tapi kembang gula yang lenget bisa dikatakan seperti permen dan itu tidak baik untuk kesehatan gigi.

– Keripik Kentang
Diataka jika keripik kentang bisa menempel pada celah gigi. Hal itu terjadi karena kandungan kanji pada kentang dapat berubah menjadi gula yang menghasilkan asam. Maka perlu dilakuan pembersihan gigi secara tepat setelah makan keripik kentang untuk mencegah pembusukan gigi.

– Minuman Beralkohol
Minuman alkohol memang membuat kering mulut seseorang, namun kondisi mulut kering itu dapat membuat gigi lebih rentan berlubang.

Dengan itu bagi Anda yang kerap mengkonsumsi makanan perusak gigi sebaiknya menghindarinya. Jika pun memakan bersihkan gigi dengan segera supaya bakteri yang menyebabkan gigi membusuk atau rusak tak bersarang didalam mulut.

Baca juga : Berbagai Masalah Gigi Bungsu dan Geraham Sekaligus Cara Mengatasinya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here