Waspada, Ini 4 Fase Gejala Skizofrenia yang Wajib Kamu Ketahui!

0
313
ilustrasi Orang Gila
Copyright ©Antara

Waspada, Ini 4 Fase Gejala Skizofrenia yang Wajib Kamu Ketahui!

Indowarta.com – Di kalangan masyarakat masih terdapat kondisi miris mengenai stigma-stigma Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), mulai dari adanya stigma negatif hingga berujung kepada pemasungan. Salah satu gangguan jiwa ini dikenal dengan Skizofrenia.

BACA JUGA : Berbagai Masalah Gigi Bungsu dan Geraham Sekaligus Cara Mengatasinya!

Skizofrenia merupakan gangguan metal atau gangguan jiwa, biasanya hal ini ditandai dengan adanya gangguan proses berpikir atau seseorang telah mengalami gangguan jiwa berat. Seseorang yang mengalami gejala Skizofrenia awal akan mengalami halusinasi.

Gejala Skizofrenia itu cukup rentan dialami oleh orang berusia 15-25 tahun. Bahkan berdasarkan riset yang dilakukan pada 2008-2009. Orang dengan gejala ini banyak sekali dianggap seolah orang yang kerasukan mahluk halus.

Ilustrasi pemasungan
Copyright ©Ilustrasi

Pakar Kesehatan dari Departemen Keperawatan Jiwa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Prof. Dr. Budi Anna Keliat, S.Kp., M.App.Sc, di Rumah Sakit Marzoeki Mahdi, Bogor, mengatakan, “Kejadian pertama early 15-25. Kami riset tahun 2008-2009, pasien pertama yang mengalami gejala sakit sebanyak 60 persen pergi ke alternatif. Itu Jakarta lho.”

BACA JUGA : Penyakit Kaki Gajah Tak Bisa Sembuh, Ini Cara Mencegahnya!

Berikut beberapa fase gejala Skizofrenia:

Fase 1

Muculnya halusinasi, seperti suara-suara yang terdengar. Gejala Skizofrenia ini diawali dengan tekanan hidup atau gagal dalam melakukan sesuatu. Seperti halnya gagal menikah, gagal mendapatkan kesuksesan, dan lain-lain

“Dalam fase ini, seseorang mulai berfantasi. Namun fantasinya masih normal. Masih membayangkan yang bagus dan indah,” tutur Budi.

Fase 2

Seseorang akan semakin intens dalam berhalusinasi. Bahkan pada gejala Skizofrenia interaksinya dengan dunia semakin melemah. Penderita mulai banyak memilih untuk menyediri dan menarik diri dari lingkungan.

“Suara-suara itu enggak dikhayalkan muncul. Macam-macam, bisa negatif positif bisa suka atau tak suka,” ujar Budi.

Fase 3

Dalam fase ini sudah mulai tidak dapat untuk dikendalikan.

Fase 4

Kondisi ini telah mulai mendengar sejumlah suara yang akan memerintahkan atau command. Pada gajala Skizofrenia yang terakhir ini akan mucul beberapa macam suara, seperti ‘ayo pukul’, ‘ayo bunuh’ dan beberapa diantaranya.

“Karena itulah ada orang nekat membunuh. Jika tak dirawat di fase-fase ini, maka akan enggak bisa dikendalikan. Tak bisa tidak, harus obat dulu. Istilah kedokteran, Neurotransmiternya ada ketidakseimbangan sehingga butuh obat atasi itu,” pungkasnya.

BACA JUGA : Catat, Ini Aturan Minum Obat Kaki Gajah yang Benar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here