Viralnya Kisah Penyakit Usus Buntu Karena Makan Seblak, Ini Faktanya

0
333
FB.
Copyright ©Facebook/Desy Puspita Yulida

Viralnya Kisah Penyakit Usus Buntu Karena Makan Seblak, Ini Faktanya

Indowarta.com – Kali ini unggahan seorang ibu bernama Desy Puspita Yulida yang menceritakan kisah anaknya yang menderita usus buntu karena makan seblak mendatangkan banyak perhatian netizen. Ibu ini mengunggah kisah tentang putrinya bernama Salma itu melalui akun facebook pribadinya pada Minggu, 8 Oktober 2017.

Kisah Desy tentang putrinya yang harus menjalani operasi usus buntu ini mencuri banyak perhatian warganet dan menjadi viral. Salma yang merupakan seorang remaja mengalami usus buntu lantaran mengkonsumsi seblak atau sejenis makanan kerupuk mentah yang direndam air namun rasanya tetap kenyal.

Postingan Desy hingga Selasa, 10 Oktober 2017 sudah mendapatkan reaksi berupa komentar dari belasan ribu warganet. Dia mengunggah postingannya dengan huruf kapital memberikan judul ‘Bahaya Makan Seblak dari Kerupuk Mentah yang Direndam tapi Tetap Kenyal’.

Cerita Salma yang harus menjalani operasi usus buntu karena makan seblak di awali ketika dia pulang sekolah. Remaja putri ini mengeluh sakit di bagian perut dan setelah beberapa lama perut justru tak bisa digerakan sepeti keram usus.

usus buntu karena makan seblak
Copyright ©kompas

Desy melihat kejadian tersebut langsung membawa Salma ke Rumah Sakit (RS) Immanuel Kopo Bandung. Ketika sampai di rumah skait Salma langsung mendapat penagan medis. Saat diperiksa oleh dokter di Instalasi Gawat Darurat (IGD), Salma muntah-muntah dan diare.

‘Kemudian diadakan cek darah dan ronsen. Hasil menunjukan asam lambung naik, leukosit sel darah putih 14.000 lebih’ tulis Desy pada akun Facebooknya.

Keesokan harinya, dokter spesialis bedah anak menjelaskan terjadi pembengkakan di usus dan terjadi usus buntu. Pada saat itu dokter pun berpesan jika setelah pulang dari rumah sakit Salma tetap mengalami sakit perut, maka dia harus puasa selama enam jam dan harus segera menjalani operasi.

Kemudian Desy juga menceritakan jika dokter bertanya tentang kesukaan Salma makan seblak. Kata Desy, si dokter ternyata sudah mengoperasi ratusan orang yang mengalami usus buntu karena makan seblak. Lantas dokter pun menjelaskan jika usus buntu itu dialami bukan karena cabai yanag pedas pada seblak, namun karena kerupuk mentah yang kalau disimpan dalam air tidak hancur justru mejadi kenyal. Kerupuk yang kenyal itupun ternyata tak bisa dincerna dan juga tidak hancur saat berada di usus.

Sementara itu tanggapan berbeda disampaikan oleh para ahli mengenai kisah usus buntu karena makan seblak ini. Ahli gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Hardiansyah mengatakan jika alasan usus buntu karena kerupuk yang kenyal tak masuk akal. Menurutnya kerupuk seblak yang berasal dari tepuk tapioka (Aci) tentu sangat bisa diproses dan menurutnya usus buntu itu terjadi karena endapan sambal yang cabainya tidak ditubuk hingga halus akibatnya ada cabai biji yang mengendap dan itu mengakibatkan infeksi.

Baca juga : Daripada Kalah Lagi, Prabowo Disarankan di Belakang Layar untuk Pilpres 2019!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here