Berhenti Beritakan Kabar Hoax Soal Gunung Agung dan Longsor Pangandaran!

0
200
Gunung Agung
Copyright ©tribunjabar

Berhenti Beritakan Kabar Hoax Soal Gunung Agung dan Longsor Pangandaran!

Indowarta.com – Kali ini Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa mengimbau supaya menghentika menyebarkan berita bohong atau hoax yang berkaitan bencana, seperti halnya mengenai Gunung Agung. ‘Tolong jangan bermain-main dengan hoax dan terlebih terkait dengan urusan bencana. Itu tentunya membuat keresahan dan kepanikan yang membahayakan masyarakat’ ucap Khofifah pada Selasa, 10 Oktober 2017.

Secara pribadi Khofifah menyayangkan ulah sejumlah pihak yang tega menyebarkan berita hoax tentang situasi bencana. Setelah sebelumnya beredar berita hoax Gunung Agung, kini justru muncul kembali berita hoax mengenai banjir di Pangandaran. Kabar bohong itu beredar melaui media sosial dengan menyebut secara berlebihan yakni Pangandaran lumpuh total akibat bencana banjir dan tanah longsor.

Gunung Agung
Copyright ©FLICKR

Khofifah pun penjelaskan jika banjir dan longsor Pangandaran sudah reda serta area wisata di daerah tersebut tidak terkena dampaknya karena lokasi longsor cukup jauh. ‘Banjir sudah surut dan area wisata Pangandaran tidak terkena dampaknya karena lokasi longsor cukup jauh. Pangandaran saat ini aman dan kondusif untuk wisatawan yang ingin berkunjung’ ujarnya.

Dengan itu Khofifah sekaligus menampik berita hoax mengenai Gunung Agung dan banjir disertai tanah longsor di Pangandaran yang sempat menghebohkan warganet beberapa waktu terakhir ini. Seperti diketahui banjir dan tanah longsor melanda Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Sabtu, 7 Otober 2017. Akibat peristiwa ini ratusan rumah yang ada di sejumlah kecamatan mengalami kerusakan mulai dari rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan.

Dari informasi yang diapat empat orang dinyatakan meninggal akibat kejadian longsor di Pangandaran ini. Bencana itupun terjadi karena tingginya curah hujan disertai dengan rob atau air pasang yang mengakibatkan beberapa sungai meluap sehingga menyebabkan banjir serta tanah longsor.

longsor pangandaran
Copyright©kompas

Khofifah pun terlihat mengunjungi lokasi tanah longsor di Desa Kalijati, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Selasa, 10 Oktober 2017. Saat itu dia juga memimpin doa untuk para korban meninggal bersama pengungsi lainnya. Sebelumnya pada masa bencana Kemensos juga telah memberikan bantuan logistik bagi pengungsi senilai total Rp 251. 91 juta yang terdiri dari paket lauk pauk, alat makan, alat masak, tenda gulung, tenda keluarga, selimut, matras, family kit dan food ware.

Sementara itu sebelumnya berita hoax muncul terkait dengan ativiatas Gunung Agung di Kecamatan Karangasem, Bali. Disebutkan jika gunung yang terus menunjuka tanda-tanda erupsi akan meletus pada Minggu malam, 8 Oktober 2017. Namun kabar itu langsung dibantah oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

Baca juga : BNPB Komentari Banyaknya Kabar Hoax Soal Meletusnya Gunung Agung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here