Ketika Spanyol Jatuhkan Ultimatum Kepada Catalonia!

0
383
Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy
Copyright ©AP

Ketika Spanyol Jatuhkan Ultimatum Kepada Catalonia!

Indowarta.com – Mariano Rajoy selaku Perdana Menteri Spanyol, Rabu (11/10/17), telah memberikan tenggang waktu untuk Carles Puigdemont selaku pemimpin wilayah Catalonia, agar memberikan penjelasan secara resmi mengenai apakah wilayah tersebut sudah menyatakan kemerdekaan.

BACA JUGA: Ratusan Ribu Warga Protes Catalonia Merdeka dari Spanyol!

Seandainya Carles Puigdemont sudah mengkukuhkan kalau Catalonia telah memisahkan diri dengan Spanyol, atau dia enggan memberikan jawaban mengenai hal itu, Maka Mario akan segera memberikan ultimatum dengan tujuan untuk menarik deklarasi kemerdekaan sampai pada Kamis (19/10/17).

Pemerintahan pusat dapat langsung memohon penggunaan Pasal 155 Undang-Undang Dasar untuk dapat memperjelas kembali pemerintahan langsung di wilayah tersebut. Hal ini akan dilakukan jika pemimpin Catalonia tidak berhasil untuk memenuhi tuntutan itu.

“Seruan ini – sebelum langkah-langkah lain yang mungkin akan diambil pemerintah berdasarkan Pasal 155 Konstitusi – berusaha menawarkan kejelasan dan keamanan dari persoalan yang begitu penting,” ungkap PM Rajoy setelah memimpin sidang darurat kabinet, di Madrid, Rabu (11/10/2017).

“Tindakan ini mendesak diambil guna mengakhiri situasi yang terjadi di Catalonia – untuk mengembalikannya ke dalam situasi yang aman dan tenang secepat mungkin,” sambungnya.

Catalonia
Copyright©express

Katua Parlemen Catalonis – yang merupakan pendukung pemisahan diri- Cerme Forcadell sebelumnya sudah memperingatkan agar pemerintah tidak melakukan penerapan pemerintahan langsung mulai dari pusat atas wilayah itu.

BACA JUGA : Catalonia Akan Segera Proklamasikan Kemerdekaan Dalam Hitungan Hari!

Karena pihaknya sangat yakin sekarang ini sudah banyak orang yang telah menyatakan kesiapan mereka untuk mempertahankan otonomi di Catalonia. Setelah adanya hasil referendum yang menyatakan kalau banyak kubu menyatakan keinginan wilayah ini memisahkan diri dari Spanyol.

Puigdemont, sudah mengurangi adanya deklarasi kemerdekaan itu, akan tetapi, penundaan pemisahan diri dengan tujuan untuk membuka sebuah dialog dengan Madrid. Diketahui sebelumnya, pemerintahan yang dipimpin oleh PM Mariano Rajoy menilai sejak awal referendum tersebut tidak sah, oleh karena itu dia akan melakukan berbagi cara untuk dapat mencegah adanya pemisahan diri Catalonia dari Spanyol.

Diketahui sebelumnya, Catalonia telah menggelar referendum untuk memisahkan diri dari Spanyol. Hasil dari referendum tersebut manyatakan kalau kebanyak orang menyatakan ingin memisahkan diri dari Spanyol. Penandatanganan deklarasi kemerdekaan dari Spanyol juga sudah dilakukan oleh pemimpin Catalonia pada Selasa (10/10/17) dengan tujuan untuk sementar waktu melakukan penundaan pemisahan tersebut.

BACA JUGA : Catalonia Tetap Deklarasikan Kemerdekaan Meski Ditolak Spanyol!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here