Berita Terkini : 6 Pemuda Ini Diburu Polisi Usai Fose Pegangi Bekantan Dan Upload di FB !

0
4298
Bekantan FB

Telusuri Kasus Pemuda Yang Tangkap Bekantan

Indowarta.com – Kasus penangkapan hewan dilindungi kembali menjadi perbincangan,kali ini sejumlah foto kembali meramaikan ranah media sosial Fb, khususnya di Kalimantan Barat.

Seekor bekantan (Nasalis Larvatus) terkulai tak berdaya di tangan para pemuda. Dengan bangga mereka berfoto bersama primata berhidung panjang endemik di Pulau kalimantan itu. Fot-foto di fb itu diunggah telah menuai kecaman keras dari para netizen. Kini foto tersebut telah di hapus dari akun pelaku.

Wakil ketua komisi IV Daniel Johan meminta agar pemerintah memberikan sosialisasi serta edukasi soal hewan-hewan yang di lindungi kepada masyarakat agar kejadian tersebut tidak terulang.

WAJIB BACA :  Dibalik Insiden Bendera Indonesia Terbalik, Surat Terbuka Gadis Ini Viral Di FB!

Dari foto yang di unggah di fb tersebut menunjukan bahwa masyrakat masih tidak paham apa yang dilakukanya telah melanggar hukum dan berpotensi di penjara. Jika mereka paham sudah pasti sekelompok remaja ini tidak akan memamerkannya di media sosial seperti facebook yang dapat memicu kontroversi. Ucap Daniel

Sungguh ironis pelaku tanpa sungkan menggungah foto bersama binatang yang di lindungi yang di duga suda mati, ke media sosial facebook.

Menyikapi beredarnya foto di fb tersebut, balai Konservasi Sumber Daya Alam(BKSDA) Kalimantan Barat tak tinggal diam. Sustyo Iriono selaku kepala BKSDA kalbar memerintahkan untuk menindaklanjuti laporan tersebut.

Hasilnya, tim gabungan berhasil mengidentifikasi identitas enam orang dalam foto tersebut.akun fb atas nama Uchu’adam Dhoang, terdapat foto sekelompok remaja memperlihatkan hasil buruan satwa jenis bekatan itu sudah berhasil di indentifikasi, masing-masing berinisial Adm, Apr, Inal,Intat,dan Bayong. Mereka berenam merupakan warga dusun semantir, desa Mekar Sekuntum, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas.

WAJIB BACA :  Viral di FB, Wanita Pengendara Motor Nekat Tabrak Polisi Saat Kabur Karena Razia!

“Pihak keluarga menduga bahwa kemungkinan besar kejadian di dalam foto fb tersebut berada di tempat mereka bekerja saat ini, yaitu salah satu areal perusahaan perkayuan (sawmill) yang ada di Kalimantan Timur,” kata Sustyo

Pihak kepolisian akan selalu berkoordinir dengan BKSDA untuk proses selanjutnya jika masing-masing pelaku ini bisa diamankan,” kata Sustyo.

BKSDA Kalbar juga akan melibatkan mitra jaringan dari lembaga swadaya masyarakat dan Aliansi Jurnalis Kenservasi untuk mengawal kasus ini. Juga berkoordinasi dengan Balai Penegah Hukum di wilayah Kaltim karena pelaku diduga bekerja di salah satu perusahaan perkayuan disana.

Baca Juga : Berita Terkini : Status FB Perwira TNI Kok Berani Beraninya Hina Presiden Jokowi Dan Ahok ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here