Ahok dan Gatot Paling Diunggulkan Jadi Cawapres Jokowi!

0
298
Cwapres Jokowi
Copyright©kompas

Ahok dan Gatot Paling Diunggulkan Jadi Cawapres Jokowi!

Indowarta.com – Kali ini sejumlah nama yang akan menemani Joko Widodo maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Basuki Thahaja Purnama alias Ahok dan Panglima Jenderal Hatot Nurmantyo paling diunggulkan menjadi cawapres Jokowi.

Mengenai Ahok dan Gatot menjadi kandidat terkuat menjadi cawapres Jokowi dilihat berdasarkan survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia pada tanggal 17 hingga 24 September 2017 lalu. Dalam survei tersebut para responden ditanya siapakah sosok yang paling pantas mendampingi Jokowi selaku Presiden pertahanan pada gelaran Pemilu dua tahun mendatang.

Dari tanggapan para responden itu ada 16 calon wakil presiden yang dimunculkan dan Ahok mendapaatkan suara responden sebanyak 16 persen dan itu menjadi yang tertinggi diantara nama lainnya. Hal ini pun juga ditanggapi oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

Dia menilai jika tingginya elektabilitas Ahok ini tak lepas dari pengalaman Jokowi dan Ahok yang pernah menjabat bersama menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2013 hingga 2014. Burhan mengatakan jika masih banyak masyarakat yang ingin melihat duet tersebut. Masyarakat menginginkan duet bukan di skala daerah melainkan skala nasional meskipun Ahok saat ini masih menjadi terpidana kasus penistaan agama.

Cwapres Jokowi
Copyright©youtube

‘Ahok tetap menjadi nomor satu yang disebut-sebeut pantas menemani Jokowi di Pilpres 2019, meskipun sekarang masih berstarus sebagai terpidana‘ ujar Burhan saat merilis hasil survei di kantorya, di Jakarta pada Rabu, 11 Oktober 2017.

Kemudian nama Panglima TNI Gatot Nurmantyo juga dikatakan pantas menjadi cawapres Jokowi. Gatot sendiri berada di tempat kedua dari hasil survei yakni dengan angka 10 persen. Burhan menyebutkan tingginya elektabilitas Gatot karena tidak terlepas dari sejumlah manuvernya sebagai Panglima TNI.

Selain dua tokoh tersebut ada sejumah nama lainnya seprti Walikota Bandung, Ridwan Kamil (8 persen). Kemudian ada pula Menteri Keungan Sri Mulyani Indrawati (7 persen), Walikota Surabaya Tri Rismaharini (5 persen), Kepala Polri Jenderal (Pol) Tito Karnavian (4 persen), mantan Ketua Mahkamah Kontitusi Mahfud MD dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (3 persen).

Nama selanjutnya yang diangap pantas menjadi cawapres Jokowi ialah Agus Martowdjo (Gubernur Bnk Indonesia), Budi Gunawan (Kepala Badan Intelejen Negara), Puan Maharani (Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), dan Chairul Tanjung (mantan Ketua Komite Ekonomi Nasional). Mereka masing-masing mempunyai suara dari responden sebanyak 2 persen.

Selain itu nama terakhir yang mendapat suara 1 persen yakni Muhaimin Iskandar (Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa) dan Zulkifli Hasan (Ketua Umum Partai Amanat Nasional). Sedangkan Rohmahurmuziy yang namanya dicantuman justru tak mendaaatkan suara sama sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here