Reklamasi Jadi Jebakan Batman untuk Anies Baswedan dan Sandiaga Uno!

0
256
Anies Baswedan
Copyright ©viva

Reklamasi Jadi Jebakan Batman untuk Anies Baswedan dan Sandiaga Uno!

Indowarta.com – Isu terkait reklamasi teluk Jakarta kembali terangkat menjelang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Disebut-sebut isu ini reklamsi ini akan menjadi ‘jebakan batman’ untuk pasangan Anies-Sandi.

Isu reklamasi teluk Jakarta ini sendiri juga menjadi perhatian politikus PKS, Tifatul Sembiring. Menurutnya pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta berpotensi membuat Gubernur terpilih Anies Baswedan menjadi terjebak ataupun di-fait-accompli.

Dikatakan seperti itu karena Aneis-Sandi dalam kampanyenya ketika Pilkada DKI dulu sudah dengan tegas menolak reklamasi. Menurut Taifatul kewenanagan mengenai reklamasi sendiri tidak mutlak ditangani Pemerintah Provinsi (Penprov) DKI Jakarta.

‘Dulu saja janji-janji sedangkan kewenangan sendiri tidak mutlak milik Perprov DKI. Jika sudah begitu jangan diakhir-akhir seperti terkebak atau fait accompli sehingga gubernur bsru seperti gigit jari menanggapi publik’ ujarnya saat ditemui di gedung DPR, Jakarta pada Rabu, 11 Oktober 2017.

Anies Baswedan
Copyright ©republika

Tifatul sendiri menambahkan jika Anies Baswedan memang tekesan terburu-buru untuk mencabut monatorium reklamasi. Padahal jika dilihat situasi dalam pengadaan proyek ini bisa terbilang masih panas. Hal itu karena pengadaan proyek reklamasi sendiri masih memunculkan sejumlah hal yang menjadi pertanyaan.

Pertanyaan tersebut seperti halnya masalah AMDL, solusi nelayan mencari nafkah, bisa atau tidak proyek itu mengantsiipasi banjir dan lain sebagaianya. ‘Masih timbul banyak pertanyaan seperti masalah nelayan cari nafkahnya gimana, masalah AMDL, proyek ini bisa atasi banjir atau tidak. Itu masih memanas dan masih menjadi bahan perdebatan publik’ ujarnya.

Dengan ini Tifatul sendiri mengatakan jika pencabutan monatorium reklamasi Teluk Jakarta ini merupakan sebuah ‘jebakan batman’ untuk pasangan Anies-Sandi. Pasalnya sebelumnya kedunya memang getol menentang proyek, namun sekaranag kondisi jutru berbalik ketika keduanya akan dilantik.

‘Ketika kampanye Pak Anies tidak setuju dengan reklamasi itu, tapi kita lihat saja bagaimana hukum prosedurnya. Kita lihat, kita amati dan kita dalami saja karena kita akan belum ahli penyerahan dan pelantikan keduanya pun juga belum dilakukan’ tutup Tifatul.

Sementara itu pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta akan dilakukan di Istana Kepresidenan, pada Senin, 16 Oktober 2017. Mereka nantinya akan dilantik langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga : Anies Baswedan Dan Sandiaga Uno Tak Bisa Dilantik Pada 15 Oktober Karena Hal Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here