Manfaat Sunat (Khitan) Untuk Kesehatan!

0
495
manfaat sunat
Copyright©sunatgemuk

Manfaat Sunat (Khitan) Untuk Kesehatan!

Indowarta.com – Sunat atau khitan tentunya tak asing lagi bagi kita. Sunat atau dalam bahasa medis disebut sirkumsisi ini tidak memengaruhi kesuburan ataupun mengurangi kenikmatan seksual pria dan pasangannya. Namun jika dilakukan, sejumlah manfaat sunat bisa didapatkan seorang laki-laki.

Ada beberapa manfaat sunat yakni seperti perlindungan dari penyakit menular seksual dan infeksi saluran kemih. Sunat sendiri merupakan proses pelepasan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis. Khitan sendiri dapat dilakukan sehari ataupun dua hari setelah si kecil dilahirkan.

Akan tetapi di Indoensia pada umumnya proses khitan atau sirkumsisi diakuan ketika anak laki-laki duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Namun cukup dikatahui, semakin tua usia anak atau pria yang akan disunat maka semakin besar pula resiko dan tingkat kerumitannya.

Kemudian disisi lain ada banyak manfaat sunat yang didapatkan oleh seoraag laki-laki. manfaat tersebut yakni khitan dapat mengurangi resiko penyakit seksual menular seperti human papilloma virus (HPV) dan penyakit menular lain seperti herpes atau sefilis. Meskipun begitu pria yang suduh menjalani khitan harus tetap melakukan hubungan seksual dengan sehat dan aman.

manfaat sunat
Copyright©sumnantartlab

Selain itu sunat dapat mencegah penyakit pada penis seperti nyeri pada kepala atau kulup penis yang disebut fimosis. Ini merupakan salah satu kondisi dimana kulup penis yang tidak disunat sulit untuk ditarik dan kondisi tersebut bisa menyebakan radang pada kepala penis atau sering disebut balanitis.

Sunat juga dapat mengurangi resiko infeksi saluran kemih yang dapat merujuk kepada masalah ginjal dan infeksi ini pada umumnya sering terjadi pada orang yang tidak menjalani sunat. Selain itu khitan juga dapat mengurangi risiko kanker dan juga mengurangi resiko kanker serviks pada pasangan karena pria sebelum melakukan hubungan seksual sduah melalui prosedur sirkumisi. Dan yang terakhir tentunnya membuat kesehetan penis lebih terjaga karena penis mudah dibersihkan.

Meskipun ada banyak manfaat sunat, namun sunat tetap mengandung resiko seperti proses bedah lainnya. Resiko yang mungkin saja bisa terjadi saat khitan yakni pendarahan, infeksi luka, gangguan saluran kemih, kulit kulup terpotong terlalu pendek atau terlalu panjang, sisa kulit kulup dapat menempel kembali sehingga mengharuskan operasi kecil dan sensitivitas peni yang telah disunat berkurang sehingga dapat berpengaruh saat hubungan seksual.

Baca juga : Pentingnya Air Liur demi Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here