Jambu Biji Bisa Picu Usus Buntu, Mitos Atau Fakta?

0
695
Jambu Biji
Copyright©blogspot

Jambu Biji Bisa Picu Usus Buntu, Mitos Atau Fakta?

Indowarta.comJambu biji atau yang juga disebut sebagai jambu klutuk ini adalah slahs atu buah yang sangat kaya akan vitamin C. Namun karena bijinya yang sangat kasar dan juga sulit untuk dicerna, jambu biji ini seringklai diyakini oleh banyak orang akan bisa menyebabkan masalah terdahap usus yakni usus buntu. Apakah hal tersebut merupakan mitos ataupun fakta?

BACA JUGA : Camilan Berbahaya yang Lengket dan Buat Gigi Berlubang!

Jambu biji ini telah memiliki jumlah biji yang terkandung cukup banyak. Jika buah ini dikonsumsi secara berlebihan maka akan bisa memicu usus buntu karena banyaknya biji yang terkandung di dalam buah tersebut.

Ahli gizi Prof. Hardinsyah saat dihubungi telah mengatakan “Kalau makan jambu biji dan dominan makan bijinya saja, bahaya usus buntu bisa mengintai. Karena nanti, bijinya itu melewati usus secara terus menerus yang bisa memicu infeksi, kemudian risiko usus buntu”.

Jambu Biji
Copyright©kissparry

Hal ini sama halnya dengan mengkonsumsi biji caba yang cenderung berlebihan. Cabai sendiri memanglah memberikan banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan yang khususnya pada bijinya ini akan bisa memicu usus buntu.

BACA JUGA : Pil KB Bikin Gemuk, Fakta atau Mitos?

Hardinsyah telah menjelaskan “Kalau biji cabainya hanya sedikit, misal yang dicampurkan pada pasta atau nasi, itu enggak apa-apa. Tapi, kalau biji cabainya yang dominan, berbahaya juga picu usus buntu”. Berbeda halnya dengan makanan yang kenyal yang seringkali ditemui di dalam berbagai rumah makan. Hardinsyah ini telah menuturkan bahwa makanan kenyal akan bisa dicerna degnan baik sehinga tdaka akan memicu usus buntu.

Hardinsya telah mengatakan “Makanan bertekstur kenyal tidak berbahaya, atau pun memicu usus buntu. Kikil yang biasa di rumah makan padang itu bisa dicerna usus dengan baik, enggak ada masalah”.

Walaupun begitu, jambu biji ini juga memiliki beberapa manfaat yang dibawanya. Jambu biji ini kaya akan potasium dan juga beberapa komponen yang lainnya yang akan berpengaruh baik untuk mengatur kadar tekanan darah dan juga gula darah sehingga buah ini juga baik apabila dikonsusi oleh mereka yang menderita diabetes.

baca juga : 

Bukan Hanya Nyeri, Ini Dia Gejala Jantung Bermasalah!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here