Isu Soal Puncak Rusuh Bak Bola Api, Ini Fakta Sebenarnya!

0
251
Puncak rusuh
Copyright©wartakota

Isu Soal Puncak Rusuh Bak Bola Api, Ini Fakta Sebenarnya!

Indowarta.com – Kabar mengenai kerusuhan di kawasan Puncak, Jawa Barat sejak pagi tadi beredar luas di media sosial. Banyak broadcast puncak rusuh itu tersebar luas di Isntagram, Facebook dan grub WhatsApp. Media sosial terlihat terus menyebarkan informasi rusuh yang disertai dengan pembakaran tersebut.

Foto dan video puncak rusuh yang beredar luas terlihat tidak terkontrol. Polres Bogor juga telah menyampaikan klarifikasi jika isu kerusuhan tersbet bukan terjadi di wilayah Bogor, namun terjadi di wilayah Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Bogor.

‘Kejadian kemarin bukan terjadi di Puncak Bogor, namun kerusuhan terjadi di daerah Cianjur, Jawa Barat’ ujar AKP Ita pada Kamis, 12 Oktober 2017 kepada tim media.

Info yang menunjukan peristiwa yang disebutkan dengan sitilah puncak rusuh hingga mengakibatkan kebakaran itu tidak terbukti. Dari informsi yang didapatkan aksi yang dilakukan sejumlah pemilik warung di daerah Ciloto terjadi setelah penertiban yang dilakukan oleh Satpol PP Kabupaten Bogor.

Puncak rusuh
Copyright©wartakota

Ketika itu pedagang merasa tidak puas dan meluapkan kekesalannya dengan membakar kayu serta benda lainnya di tengah jalan. Terlihat kendaraan tetap berlalu lalang meskipun harus berjalan pelan. Polisi pun ketika sampai dilokasi kondisi sudah meredam sehingga kerusuhan tidak berkembang luas. Namun broadcast mengenai info puncak rusuh terus membanjiri media sosial.

Bukan hanya itu saja, bahkan banyak info yang justru ditambah-tambahi sehingga membuat warga khususnya daerah Bogor menjadi semakin resah. Info kerusuhan tersebut mengalir dan beredar secara luas begitu saja tanpa di sharing terlebih dahulu oleh si pengirim.

Mengenai banyaknya broadcast puncak rusuh yang tidak bisa dipertanggung jawabkan membuat Iwan Firdaus selaku pemerhati media sosial dan juga kordinator Bogor SAR Commmunity (BSC) angkat bicara. Dia menghimbau supaya warga tidak cepat menyebar atau meneruskan informasi yang belum tentu kebenarannya.

‘Saya juga dapat broadcast Puncak rusuh. Ternyata kejadianya kemarin dan bukan di wilayah Bogor. Tapi setelah justru infonya semkain liar dan ditambah-tambahi’ ujarnya.

Menurutnya informasi yang tidak bisa dipertnggungjawabkan justru akan membuat warga semakin resah. Maka dari itu Iwan mengatakan alangkah baiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu kebenaran informasi sebelum menyebarkannya.

Baca juga : Penjelasan Ferry Juan Soal Hamili Mantan Model!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here