Nada Tinggi Ketua MK Ceramahi Penggugat Perppu Ormas!

0
1872
Sidang Perppu Ormas
Copyright ©kriminalitas

Nada Tinggi Ketua MK Ceramahi Penggugat Perppu Ormas!

Indowarta.com – Sidang pengujian Perppu Ormas kepada Undang-Undang Dasar 1945 telah digelar oleh Makamah Konstitusi (MK), pada Kamis (12/10/17). Pada sidang tersebut beragendakan mendengarkan penilaian ahli serta keterangan yang akan diberikan oleh saksi.

BACA JUGA : Gerindra Tolak Perppu Ormas Karena Alasan ‘Klasik’ Ini!

Para ahli dan saksi ini sebelumnya telah diajukan oleh salah satu dari delapan pemohon. Akan tetapi, agenda tersebut tak dijalankan, pasalnya saksi dan ahli yang sebelumnya dijadwalkan, tidak hadir dalam sidang.

Meski begitu, sidang tak lantas langsung di tutup oleh Katua MK Arief Hidayat. Dalam sidang pengujian Perppu Ormas ini, telah terjadi sebuah perdebatan yang dilakukan antara pihak pemohon dan Arief. Awal perdebatan itu terjadi setelah sejumlah pengacara dari pemohon menyinggung terkait pelaporan Eggi Sudjana kepada Bareskrim.

WAJIB BACA :  Perppu Ormas Perlu Karena Untuk menjaga Eksistensi bangsa!

Memang diketahui sebelumnya, kalau Eggi juga merupakan salah satu pihak pemohon dalam perkara ini. Dia telah dilaporkan ke Bareskrim karena pernyataanya di luar sidang Perppu Ormas sudah dinilai menyinggung dan damenimbulkan rasa kebencian serta permisuhan anatar individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasar SARA.

Sidang Perppu Ormas.
Copyright ©kompas

Beberapa pengacara ini sudah meminta perlindungan hukum untuk semua pihak yang tengah terlibat dalam pengujian Perppu Ormas ini. Namun, Arief mengatakan kalau Makamah telah memberikan jaminan kepada semua pihak terkait dengan keamanan selama dalam persidangan.Oleh karena itu, dia menegaskan, bahwa apapun yang terjadi dalam luar sidang sudah bukan lagi tanggung jawab dari Makamah.

BACA JUGA : Tensi yang Meninggi Saat Membahas Tentang Perppu Ormas!

“Selama itu di persidangan dan itu disampaikan di dalam persidangan, maka kami akan mengamankan seluruhnya. Baik, kalau begitu sudah selesai persidangan ini,” ucap Arief.

WAJIB BACA :  DPR Canangkan Perppu Ormas Rampung 24 Oktober Besok!

Sidang masih belum berhenti, karena Khozidudin, salah satu pemohon telah mengajukan intrupsi. “Substansi yang ingin kami sampaikan, jika para pemohon-pemohon ini tidak memperoleh proses yang adil dalam prosesnya, kami khawatir ini akan memengaruhi…,” kata Khozidudin.

Khozidudin mengatakan, ada sejumlah hal yang tidak bisa disampaikan secara tuntas oleh para pemohon. Dengan nada yang cukup tinggi, Arief meminta kepada Khozidudin untuk menjelaskan hal tersebut. Karena menurut Arief, dia sudah memberikan kesempatan yang sama kepada semua pihak dalam sidang pengujian Perppu Ormas ini.

Baca Juga : Gugatan Perppu Ormas di MK Diyakini Bakalan Ditolak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here