Polisi Selidiki Reklamasi Teluk Jakarta!

0
248
Berita Terkini: Seperti Inikah Peta Gurita Korupsi Di Reklamasi Teluk Jakarta ?
Copyrigt©VIVA

Polisi Selidiki Reklamasi Teluk Jakarta!

Indowarta.com – Proyek pembangunan reklamasi Teluk Jakarta sekarang ini tengah diselediki oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Untuk bahan penyelidikan lebih lanjut, sekarang ini pihak kepolisian sudah mengumpulkan sejumlah data dan dokumen terkait dengan proyek tersebut.

BACA JUGA : Menjelang Pelantikan, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno Diminta Komitmen Hentikan Reklamasi!

“Sekarang kami dalam proses untuk mengetahui masalah reklamasi ini apa sih, tentunya segala data, informasi, maupun dokumen kami kumpulkan untuk penyelidikan ini,” kata Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan, Kamis (12/10/2017).

Melihat adanya perkembangan di kalangan masyarakat terkait dengan reklamasi Jakarta ini, Membuat polisi melakukan penyelidikan. Adanya sejumlah tanggapan pro-kontra pada proyek itu telah menjadi dasar polisi melakukan penyelidikan ini.

WAJIB BACA :  Dianggap Maksiat, Ormas Islam Jakarta Akan Gelar Aksi Tolak DWP 2017!

“Penyelidikan kan mencari kebenaran, mencari faktanya seperti apa. Apakah reklamasi itu benar sesuai peruntukannya, apakah perizinannya benar, misalnya,” pungkasnya.

Ada beberapa langkah penyelidikan yang sedang dilakukan. Salah satunya adalah mengumpulkan sejumlah informasi yang sudah diberikan dari beberapa pihak yang terkait dengan proyek reklamasi Jakarta itu.

Reklamasi Teluk Jakarta
Copyright ©Kompas

Untuk dapat menyempurnakan proses penyelidikan itu, polisi juga akan mengumpulkan beberapa data penunjang. “Semua sisi kita selidiki. Semua informasi, aturan, tulisan, dan permasalahan mengenai reklamasi harus kita tahu,” paparnya.

BACA JUGA : Reklamasi Jadi Jebakan Batman untuk Anies Baswedan dan Sandiaga Uno!

Adanya penyelidikan ini sendiri adalah langkah untuk dapat mengetahui apakah dari suatu peristiwa itu telah mengandung unsur pidana atau tidak. Namun, mengenai reklamasi Jakarta itu, Andi mengaku, kalau dirinya masih belum dapat menyimpulkan apakah terjadi unsur tidak pidana atau tidak.

WAJIB BACA :  Dianggap Maksiat, Ormas Islam Jakarta Akan Gelar Aksi Tolak DWP 2017!

Polisi akan melakukan penyelidikan terhadap reklmasi Jakarta ini sebelum Menteri Koordinator Kementerian Luhut Binsar Pandjaitan melakukan pencabutan moratorium proyek itu. Adi mengatakan, proses penyelidikan ini masih terus berlangsung dan nantinya akan berpengaruh kepada keputusan untuk pencabutan Moratorium itu.

Andi mengungkapkan, adanya laporan dengan Nomor Polisi LP/802/IX/2017/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 11 September 2017 sudah dilakukan oleh pihak kepolisian. Sehingga, tidak ada masyarakat yang melapor terkait dengan hal itu dan laporan itu dibuat oleh polisi.

Andi mengatakan, saat ini pihaknya sudah mengirimkan sejumlah surat kepada Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Surat itu berisikan permintaan keterangan dan dokumen.

Baca juga : Anies Baswedan Dan Sandiaga Uno Tak Bisa Dilantik Pada 15 Oktober Karena Hal Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here