Walau Mundur, Uskup Indonesia Harus Kembalikan Dana Uang Gereja Senila Rp 1.6 M!

0
342
Uskup Indonesia
Copyright©chatolic

Walau Mundur, Uskup Indonesia Harus Kembalikan Dana Uang Gereja Senila Rp 1.6 M!

Indowarta.com – Meskipun menyatakan mundur namun Uskup Indonesia mengharuskan Monssinyur (Mrg) Hubertus Lenteng mengembalikan dana gereja. Hubertus Leteng sendiri merupakan pemimpin Keuskupan Ruteng di Nusa tenggara Timur.

Dia diminta agar mengembalikan dana gereja sebesar Rp 1,6 miliar yang diduga diselewengkan untuk kepentingan pribadinya. Perminatan tersebut muncul meskipun Paus Fransiskus sebagai pimpinana tertinggi Gereja Katolik Roma telah menerima pengunduran diri dari Hubertus dari jabatannya sebagai Uskup Indonesia pada Rabu, 10 Oktober 2017.

Mengenai kewajiban mengembalikan dana gereja ini dilontarkan oleh Romo Robert Pelita yang sejak Juni lalu bersama 68 pastor lain mendesak supaya Hubertus dilepas dari jabatannya. Robert sendiri mengatakan hal tersebut berdasarkan pernyataan perwakilan Vertikan yang datang ke Ruteng pekan ini.

Dia mengatakan jika ada penegasan jika uang yang digunakaanaoleh Hubertus harus kembali oleh Vertikan. ‘Ada penegasan dari utusan Vertikan jika uang itu harus kembali’ ujarnya saat ditemui di Labuan Bajo.

Uskup Indonesia
Copyright©hidupkatolik

Namun pria yang saat ini berstatus sebagai wakil Keuskupan Ruteng itu utusan Vetikan tak membrikan jangka waktu penembalian uang kepada Hubertus. Robert mengatakan jika utusan Vetikan hanya menegaskan jika uang yang seharusnya menjadi milik Uskup Indonesia itu harus kembali dan tidak ditentukan batas waktunya.

Mengneai kasus Uskup Indonesia ini juga dijelaska oleh Katua Presidium Konferensi Wligereja indonesia (KWI), Mrg Ignasius Suharyo. Ia mengatakan jika pihaknya enggan menjelaskan pengunduran diri Hubertus ini. Selain itu Ignasius juga mengatakan jika dirinya tidak mengetahui atas dugaan penyelewengan dana oleh Hubertus tersebut.

Meurutnya ini merupakan permasaahan pribadi antara pemimpin Gereja Khatolik Roma. ‘Ini urusan rahasia mereka dengan pimpinana Gereja Khatolik Roma. Kamis sendiri tidak tahu pastinya’ ujarnya.

Hubertus sendiri belum memberikan konfirmsi secara langsung mengenai hal ini. Sedangkan Kabid Humas Polda Nusa tenggara Timur, Kombes Julies Abraham menyebutkan jika pihaknya belum menerima laporan apapun terkait dengan penyelewengan dana gereja ini. Sebelumnya Uskup Indonesia melaporkan dugaan tersebut, namun pihak kepolisian menganggap jika isu itu tidak valid dan merupakan urusan internal gereja.

Sementara itu isu Hubertus mengambil dan gereja tanpa izin sebenarnya sudah berkembang sejak tahun 2014. Isu itu mencuat setelah sekelompok imam dan umat menduga Hubertus mengambil Rp 1,25 miliar dari common funds milik KWI dan sekitar 425 juta dari kas Keuskupan Ruteng.

Baca juga : Viral Video FB Prajurit Tampar dan Jambak Pria yang Hina TNI!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here