No Bra Day: Tidur Tanpa Bra Tak Langsung Cegah Kanker Payudara!

0
180
No Bra Day
Copyright©newsth

No Bra Day: Tidur Tanpa Bra Tak Langsung Cegah Kanker Payudara!

Indowarta.com – Hari ini Jumat, 13 Oktober 2017 diperingati oleh perempuan dunia sebagai Hari Tanpa Bra atau No Bra Day. Peringatan hari tanpa bra ini bukanlah untuk pornoaksi melainkan sebagai bentuk dukungan Breast Cancer Awareness sedunia.

Dengan perayaan No Bra Day para wanita diajak untuk tidak memakai bra selama satu hari saja. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung dan memberikan semangat kepada para penderita payudara di seluruh dunia. Namun cukup diketahui hari tanpa bra sendiri ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Salah satu manfaat untuk kesehatan yakni mengurangi resiko kanker payudara yang menjadi momok menakutkan kaum wanita. Menurut American Cancer Society, menyebutkan jika tak ada bukti definitif yang menghubungkan tidur memakai bra bisa membuat wanita menderita kanker payudara.

WAJIB BACA :  Kelomopok Wanita yang Rawan Beresiko Kanker Payudara!

Akan tetapi pernyataan lain yang berhubungan dengan No Bra Day ini juka dijelaskan oleh ilmuan Sydney Siger dan istrinya Soma Grismaijer. Dalam buku yang ditulis tahun 1991 berjudul ‘Dressed To Kill, The Link Antara Kanker Payudara dan Bras’.

No Bra Day
Copyright©life style

Buku tersebut berisikan tetang wnaita yang ingin menghindari kanker payudara harus memakai bra dalam waktu sesingkat mungkin dan sebaiknya kurang dari 12 jam. Kemduian dikatakan waktu beristirhat payudara yakni tanpa memakai bra ilah ketika tidur. ‘Janga tidur memakai bra’ Kata Syney Singer.

Menurutnya penggunaan bra terlalu lama dapat meningkatkan suhu jaringan payudara. Selain itu wanita yang memakai bra cenderung mempunyai kadar hormon prolaktin atau hormon yang berfungsi untuk merangsang kelenjar susu lebih tinggi. Hal itulah yang dapat mempengaruhi pembentukan kanker payudara.

WAJIB BACA :  Kelomopok Wanita yang Rawan Beresiko Kanker Payudara!

Sementara itu No Bra Day sendiri bukan tanpa kontroversi meskipun sebenarnya ditujukan untuk rasa simpati terhadap penderita kanker payudara. Tidak memakai bra sendiri juga tak langsung dapat mencegah kanker berbahaya tersebut. Kanker payudara sendiri merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh perempuan dan menduduki peringkat pertama dari 10 kanker paling berbahaya.

Tercatat hampir 85 persen pasien kanker payudraa datang ke rumah sakit dalam keadaan stadium lanjut. Hal itulah yang akan mempengaruhi prognosis dan tingkat kesembuhan pasien. Dengan adanya perayaan hari tanpa bra ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran baik wanita maupun pria untuk mencegah kanker payudara.

Baca juga : Faktanya, Pria pun Beresiko Kena Kanker Payudara Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here